Pengaruh Kuliah Kerja Lapangan (KKL) III sebagai salah satu Model Pembelajaran Outdoor Studyterhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester VI Pada Program Studi Pendidikan Geografi Di FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2013
Nurin Rochayati, Arieta Maetasari
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses belajar dalam mengaplikasikan sesuatu agar dapat mengimplementasikansuatu hasi teori dalam bentuk praktik lapangan, seperti Kuliah Kerja Lapangan yang merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuliah kerja lapangan (KKL) III sebagai salah satu model pembelajaran outdoor studyterhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa semester VI pada program studi pendidikan geografi FKIP UM-Mataram Tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah Populasi seluruh mahasiswa geografi semester VI, sedangkan sampel penelitian ini diambil 36 mahasiswa dengan tehnik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket/kuesioner, dan untuk menarik kesimpulan daridata tersebut diterapkan dengan menggunakan rumusstatistic r product moment. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa Ada pengaruh kuliah kerja lapangan (KKL) III sebagai salah satu model pembelajaran outdoor studyterhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa semester IV pada program studi pendidikan geografi FKIP UM- Mataram 2013 Dengan rxy =0,76.
Keywords
Kuliah kerja lapangan, Model Pembelajaran Outdoor Study, Motivasi Belajar