ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING WITH PJBL MODEL IN CORRESPONDENCE SUBJECTS

Febriyani Nabilah Suriyanto, Siti Sri Wulandari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring dengan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Korespondensi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK IPIEMS Surabaya dan guru mata pelajaran Korespondensi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring dengan model PjBL pada mata pelajaran Korespondensi berjalan efektif dengan dilihat dari empat indikator efektivitas pembelajaran, yaitu mutu pembelajaran, tingkat pembelajaran, insentif, dan waktu yang mencapai ketuntasan.

Abstract: The purpose of this study was to analyze effectiveness of online learning with the Project Based Learning model (PjBL) in Correspondence subjects. This type of research is descriptive qualitative. The subjects of this study were students of class X OTKP SMK IPIEMS Surabaya and Correspondence subject teachers. The instruments used in collecting data were interviews, questionnaires, documentation, and observation. The data analysis technique used the Miles and Huberman Model, namely by reducing data, presentating data, and drawing conclusions/verification. Data validity with source triangulation. The results showed that online learning with the PjBL model in the Correspondence subject have been effective as seen from the four indicators of learning effectiveness, namely the quality of learning, level of learning, the incentive, and the time it reaches completion.

Keywords


Online Learning; PjBL Model; Correspondence

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 292–299.

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arisendy, R., & Puspasari, D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Kompetensi Dasar Memahami Komunikasi Kantor di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(1), 211–223.

Barisone, M., Bagnasco, A., Aleo, G., Catania, G., Bona, M., Gabriele Scaglia, S., Zanini, M., Timmins, F., & Sasso, L. (2019). The Effectiveness of Web-Based Learning in Supporting The Development of Nursing Students’ Practical Skills During Clinical Placements: A Qualitative Study. Nurse Education in Practice, 37(1), 56–61. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2019.02.009

Baş, G. (2011). Investigating The Effects of Project-Based Learning on Students’ Academic Achievement and Attitudes Towards English Lesson. The Online Journal Of New Horizons In Education, 1(4), 1–15.

Damayanti, N. K. A., Martha, I. N., & Gunatama, G. (2014). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berpendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan Kulit 1 di SMK Negeri 2 Singaraja. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fini, E. H., Awadallah, F., Parast, M. M., & Abu-Lebdeh, T. (2017). The impact of project-based learning on improving student learning outcomes of sustainability concepts in transportation Engineering courses. European Journal of Engineering Education, 1–16. https://doi.org/10.1080/03043797.2017.1393045

Harumi, A., & Kumoro, J. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Korespondensi. Prosiding Seminar Nasional: Penguatan Hubungan Antara Pengembangan Keterampilan, Pendidikan, Dan Ketenagakerjaan Generasi Muda, 181–191.

Hulwani. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Bimbingan Belajar Kelompok di Kelas XI SMA. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 10(2), 135–137. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2020). Visualisasi Data Kependudukan. Portal Sistem Informasi Geografis. https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/peta/

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311–318.

Lestari, D. J., P, A. T., & Fujiawati, F. S. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Komposisi Tari (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Sendratasik FKIP UNTIRTA). Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 2(2), 126–137.

Mekaria, T. Y., & Widjajanti, D. B. (2018). The effectiveness of quantum learning and project based learning viewed from the student’s reasoning ability, achievement, and attitude toward mathematics. AIP Conference Proceedings, 2014, 1–8. https://doi.org/10.1063/1.5054564

Mironova, M., Sirazetdinov, R., Belay, O., Mukhametzyanova, D., & Bikchantaeva, D. (2020). Project Learning As an Innovative Direction of Higher Professional Education (on the Example of Republic Tatrstan, Russia). 20th International Multidisciplinary Scientific GeoConference Proceedings SGEM 2020, Ecology, Economics, Education and Legislation, 20, 851–858. https://doi.org/10.5593/sgem2020/5.2/s22.105

Musa, F., Mufti, N., Latiff, R. A., & Amin, M. M. (2012). Project-based Learning (PjBL): Inculcating Soft Skills in 21st Century Workplace. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 565–573. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.315

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nushur, R. D. & Astutie, D. D. (2019). The Effectiveness Of Using Hikayat Prang Sabi in PjBL Approach To Improve Students’ Critical Thinking. Getsempena English Education Journal, 6(2), 285–296.

Pamungkas, I., Zubaidah, & Ijuddin, R. (2019). Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. It-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01), 59–67.

Putri, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dalam Kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uyun, D. L. (2017). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Materi Geometri di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu.

Wahyudi, W. (2020). The Effectiveness of Sharing Blended Project Based Learning (SBPBL) Model Implementation in Operating System Course. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5), 202–211. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I05.11266

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 81–97. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Widianti, Y. M., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas X SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(04), 59–63.

Wulandari, S. S., Suratman, B., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Guru SMK Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 31–42. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.707

Wulandari, S. S., Trisnawati, N., Suratman, B., & Narmaditya, B. S. (2020). Factors Affecting the Quality of Education : A Comparison Study in Vocational High School in East Java. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(07), 8742–8748.

Yohana, Muzakir, Hardianti, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin. Jurnal Tirai Edukasi, 1(4).




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.4038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Febriyani Nabilah Suriyanto, Siti Sri Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: