IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI MORAL (LIVING VALUE) UNTUK MEMBINA KARAKTER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
Rosada Rosada, Ahmad Afandi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dosen dalam pembentukan karakter mahasiswa, bagaimana mengintagrasiskan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah, dan melihat factor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan beberapa prosedur. Adapun tempat penelitian pada program studi Pendidikan Sejarah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di Universitas Muhammadiyah Mataram. Waktu penelitian pada bulan April sampai Juni 2012. Fokus penelitian dalam hal ini berkaitan langsung dengan upaya dosen sejarah untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah. Sedangkan objek penelitiannya adalah dosen Sejarah. Dekan, dan mahsiswa. Pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah dosen mengupayakan pembentukan karakter mahasiswa, dengan melakukan berbagai macam program antara laindiadakan oleh pimpinan kepada dosen dan karyawan lainnya. Program yang dilaksanakan untuk mahasiswa dilakukandalam kelas dan luar kelas. Dalam kelas dengan cara pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah, kedua mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Ketiga dosen menggunakan metode-metode yang memberikan motivasi belajar mahasiswa. Di luar kelas dilakukan dengan berbagai macam program anatara lain kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam menjalankan proses tersebut terdapat beberapa faktor penghambatantara lain adanya perbedaan latar belakang mahasiswa sehingga sulit membentuk karakter mahasiswa, seperti kurangnya pengetahuan moral mahasiswa, penanaman moral kurang optimal, kurangnya keteladan dari dosen