PENGEMBANGAN KLINIK LITERASI BERBASIS PERMAINAN BAHASA DALAM KEGIATAN LITERASI DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

I Nengah Sueca, Ida Ayu Dewi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan konsep pengembangan klinik literasi berbasis permainan bahasa; (2) mendeskripsikan efektivitas pengembangan klinik literasi berbasis permainan bahasa dalam kegiatan literasi dasar pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan research and development (R&D pada level 2. Subjek penelitian ini adalah guru, orang tua, dan siswa kelas rendah di SDN 5 Besakih. Objek penelitian ini adalah klinik literasi berbasis permainan bahasa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method, yakni analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan (1) konsep klinik literasi berupa pelayanan kegiatan literasi dasar (kelas belajar) berbasis permainan bahasa sangat baik dalam kegiatan literasi dasar; (2) pengembangan klinik literasi berbasis permainan bahasa sangat efektif dalam kegiatan literasi dasar pada masa pandemi covid-19.

 


Abstract: This study aimed to (1) describe the concept of developing a literacy clinic based on language games; (2) describe the effectiveness of developing a language game-based literacy clinic in basic literacy activities during the covid-19 pandemic. This study used a research and development design (R&D at level 2. The subjects of this research were teachers, parents, and lower grade students at SDN 5 Besakih. The object of this research was a language game-based literacy clinic. The data collection method used was the questionnaire method, observation, and interviews. The data analysis technique used in this study was a mix method, namely qualitative and quantitative analysis. The results of this study showed (1) the clinical concept of literacy in the form of providing basic literacy activities (classroom learning) based on language games was very good in activities basic literacy; (2) the development of a language game-based literacy clinic was very effective in basic literacy activities during the covid-19 pandemic.


Keywords


Literacy Clinic; Language Games; Basic Literacy.

Full Text:

PDF

References


Affrida, E. N. (2018). Model Pembelajaran Literasi Dasar dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa di Taman Kanak-kanak. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 70(2), 7–10.

Anafiah, S. (2018). Permainan Bahasa sebagai Media Literasi Siswa Kelas Rendah SD Kota Yogyakarta. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 29–39.

Ibrahim. (2019). Layanan Pembelajaran Masyarakat melalui Klinik Literasi. Balai Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPPAUD dan DIKMAS).

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).

Schmocher, M. (2012). Menjadi Guru yang Efekif; Bagaimana Mencapai Pengembangan Baru melalui Membaca dan Menulis. Erlangga.

Soeparno. (1988). Media Pembelajaran Bahasa. Intan Pariwara.

Sueca, I. N. (2020a). Efektivitas Permainan Bahasa (Katarsis) dalam Kegiatan Literasi Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. STKIP Suar Bangli.

Sueca, I. N. (2020b). Pendidikan Karakter dalam Literasi Tulis. Nilacakra.

Sueca, I. N., & Darmayanti, N. W. S. (2020). Pembinaan dan Pembimbingan Kegiatan Literasi Dasar dalam Pembelajaan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Anak-Anak Banjar Dinas Temukus, Desa Besakih. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 557–561.

Sugiarsih, S. (2010). Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Teguh, M. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literais Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional, 18–28.

Widyaningsih, N. (2015). Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Membaca Kelas II SD di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Skripta, 1(1).

Yunus, A., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 I Nengah Sueca, Ida Ayu Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: