TANTANGAN REALISASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Yanti Kusuma, Catur Ediatmojo

Abstract


Abstrak: Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak dari Pandemi Covid-19, jenis penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan manusia yang disebabkan oleh Corona Virus Desease (Covid-19). Semua kegiatan dilakukan dari rumah dan tentunya semua tatanan kehidupan berubah secara total. Pada aspek pendidikan, pelaksanaan proses pembelajaran yang semula dilaksanakan secara langsung berubah menjadi tatap maya via digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang tantangan realisasi kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid-19 di SD Negeri Margodadi, OKU Timur, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua siswa di SD Negeri Margodadi OKU Timur. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara,pedoman observasi, dan pedoman analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tantangan dalam realisasi kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid-19 di SD Negeri Margodadi, diantaranya adalah kemampuan ekonomi orang tua siswa yang masih rendah, keterbatasan kemampuan literasi digital, dan masih terkendala dalam penggunaan jaringan internet.

Abstract: Indonesia is one of the countries affected by the Covid-19 Pandemic, a type of infectious disease that attacks the human respiratory system caused by Corona Virus Disease (Covid-19). All activities are carried out from home and of course all life arrangements have changed completely. In the educational aspect, the implementation of the learning process which was originally carried out directly turned into a virtual face via digital. This research has purpose to examine the challenge of realising the Learning from Home (BDR) policy during the Covid-19 pandemic at Margodadi Elementary School, East OKU, South Sumatra. . This research uses a qualitative approach with a case study method. The research subjects consisted of principals, teachers, students, and parents of students at SD Negeri Margodadi OKU Timur. Data were collected using interview guide instruments, observation guidelines, and document analysis guidelines. The data analysis technique used is the Miles and Huberman interactive model data analysis technique which consists of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that there were challenges in the realization of the Learning from Home (BDR) policy during the Covid-19 pandemic at SD Negeri Margodadi, including the low economic ability of students' parents, limited digital literacy skills, and still constrained use of the internet network.


Keywords


Challange; Realization; Policy; Education.

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F. (n.d.). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.

Chaeruman, U. A. (2015). Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15595.90408

H.A., Rothan, ; S.N., B. (2020). Rothan.pdf. Journal of Autoimmunity.

Handayani, O. D. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. 8, 6.

Irawan, aditya wicaksono, Yusufianto, A., Agustina, D., & Dean, R. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Vol. 2020, pp. 1–146).

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Sistem Belajar Daring. In 4 Januari 2016.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Lindungi.id, P. (2021). Peduli lindungi.pdf. Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Maharani, E. (2018). Kemendikbud: Hanya 40 Persen Guru Siap dengan Teknologi. In Republika.Co.Id.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020. In Akrab Juara (Vol. 5, Issue 1, pp. 43–54).

Surat edaran Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar.: Vol. No 15.

Sutarsih, Tri ; Wulandari, Vera Citra; Untari, Rima; Rozama, Nia Anggraini; Kusumatrisna, A. L. (2019). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2019. Badan Pusat Statistik.

Tarigan, H., Sinaga, J. H., & Rachmawati, R. R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kemiskinan di Indonesia. Pusat Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 3, 457–479.

Taufiq, Nuri ; Prasetya, Andhika Arie; Mumtaz, T. (2020). Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota Tahun 2020. Badan Pusat Statistik.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yanti Kusuma, Catur Ediatmojo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: