PENGARUH MEDIA BINTAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 SD

Umi Nuhkriatin Nazja, Vanda Rezania

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media BINTAR terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran TEMATIK kelas 2 SD Antawirya Islamic Javanese School. Hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran disebabkan karena penggunaan media belum maksimal, sehingga siswa tidak antusias pada pembelajaran di kelas. Untuk itu perlu diterapkan suatu media yang lebih inovatif. Media BINTAR yang digunakan guru membantu memantapkan pengetahuan siswa dan menghidupkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen karena ada suatu perlakuan yang diterapkan oleh peneliti. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest desain. Analisis data penelitian menggunakan uji t (one tail test). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penerapan media BINTAR pada pembelajaran TEMATIK kelas SD Antawirya Islamic Javanese School. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan taraf signifikan 5% ttabel. Disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 1,928 > 1,761. Hasil ini dapat dinyatakan ada pengaruh dari media BINTAR terhadap minat belajar siswa.

Abstract: This study aims to determine the effect of BINTAR media on students' interest in learning in 2nd grade THEMATIC learning at SD Antawirya Islamic Javanese School. The thing that becomes an obstacle in learning is because the use of media has not been maximized, so students are not enthusiastic about learning in class. For this reason, it is necessary to apply a more innovative media. The BINTAR media used by the teacher helps strengthen students' knowledge and revive the learning process. This research is an experimental research type because there is a treatment applied by the researcher. The research design used a one group pretest posttest design. Analysis of research data using the t test (one tail test) While the data collection technique using a questionnaire. The results showed a significant increase in the application of BINTAR media in the THEMATIC learning of the Antawirya Islamic Javanese School Elementary School class. This can be seen from the results of the t test with a significant level of 5% ttable. It is concluded that tcount > ttable is 1,928 > 1,761. These results can be stated that there is an influence from BINTAR media on students' interest in learning.


Keywords


BINTAR Media; Student’s interest in learning; Elementary School.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali pers.

Harahap, S. A., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi. 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Marissa, D. (2012). Komputer dan Media Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Nugraheni, T. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen Oleh :

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Pratiwi, R. (2014). Penggunaan media permainan monopoli mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kendalkemlogi Lamongan. Jurnal Pendidikannal Penelitian Guru Sekolah Dasar.

Riyantono, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. In Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen (p. 63).

Sakti Gunawan, Hadi, . & Farhan Hamzah. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Pendidikan, 7.

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran : berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenamedia Grup.

Sd, I. I. I., Kecamatan, G., Utara, K., Klaten, K., Kelas, P. T., & Sd, I. I. I. (2016). Improved with interests learning of social science use audio-visual.

Sudjana, Nana & Riva’i, A. (2010). Media Pengajaran.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). The Use of Audio Visual Media in Value Clarification Technique to Improve Student Learning Outcomes in Social Studies. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Umi Nuhkriatin Nazja, Vanda Rezania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: