ANALISIS KEMAMPUAN MENELAAH DAN MEREVISI TEKS DESKRIPSI

Sri Maryani, Bq Desi Milandari, Murti Sari Dewi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah dan merevisi teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP. Objek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini terdiri dari metode observasi, metode tugas, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan hasil analisisnya disajikan dalam bentuk angka dan dijelaskan dalam suatu uraian dengan rumus Penilaian Acuan Patokan (PAP). Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menelaah dan merevisi teks deskripsi pada siswa tergolong normal, dengan rincian 41% siswa berkemampuan tinggi, 59% siswa berkemampuan sedang, 0% berkemampuan rendah, dan diperoleh IPK 65 yang berkisar antara 55 sampai dengan 65.

Abstract: This study aims to describe the ability to review and revise the description text in class VII SMP students. The objects in this study were 29 students. The method of data collection in this study consisted of observation methods, task methods, and documentation methods. Data analysis uses quantitative descriptive method and the results of the analysis are presented in numerical form and explained in a description using the Standard Reference Assessment (PAP) formula. Based on the results of the study, it can be concluded that the ability to review and revise the description text in students is classified as normal, with the details 41% of high-ability students, 59% of students with moderate ability, 0% of low ability, and 65 GPA which ranges from 55 to 65.

Keywords


Menelaah, Merevisi, Teks, PAP

Full Text:

PDF

References


Demas, dkk. (2009). Bahasa dan Sastra Indonesia 3. Surakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hanan, A. (2018). Kemampuan Menelaah Unsur-Unsur dan Kebahasaan dari Surat Pribadi dan Surat Dinas Yang Dibaca Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Praya Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram.

Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lestari, A.S. (2017). Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Directed Reading Thinking Actifity (DRTA) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal repository. VOL 2 Nomor 1.

Kamis. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency.

Kemendikbud. (2018). Materi Penyegaran Instruksur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Nurkencana, W. Dan P.P.N. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Nur, H. (2017). Kemampuan Menelaah StrukturKebahasaan dan Isi Teks Hasil Observasi Pada Siswa Kelas VII SMPN Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan, Bandung.

Priyatni, E.T. (2015). Bahasa dan Sastra Indobesia SMP/MTs kelas VII. Malang: PT Bumi Aksara.

Purnamasari, D. (2015). Kemampuan Menelaah dan Merevisi Teks Cerpen Pada Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sakina, A. (2016). Analisis Kemampuan Menemukan Informasi Secara Cepat Dan Tepat Dari Indeks Buku Melalui Kegiatan Membaca Memindai Pada Siswa Kelas IX SMPN 3 Janapria Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: