PENGEMBANGAN LKS INTERAKTIF SCIENCE LIVE WORKSHEET BERBASIS HOTS SISWA SEKOLAH DASAR

Nursina Sari, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Tursina Ratu, Ni Nengah Widiartini, Muhammad Erfan

Abstract


Abstrak: Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu media ajar yang harus dikembangkan oleh pendidik dalam upaya menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran yang memiliki muatan IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kevalidan, (2) Kepraktisan, serta (3) Keefektifan dari produk LKS interaktif Science’s live worksheet berbasis HOTS  dalam pembelajaran siswa di Sekolah Dasar (SD). Jenis penelitian ini adalah R&D (Research & Development) dengan mengadaptasi model dari Borg & Gall, dan menggunakan desain kelas one group pretes- posttest design. Adapun hasil pengembangan dari LKS interaktif Science’s live worksheet berbasis HOTS  menunjukkan hasil bahwa (1) Kevalidan dari produk LKS interaktif Science’s live worksheet berbasis HOTS   berhasil dikembangkan  persentase kevalidan produk sebesar sebesar 96,67%%,  yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid” (2) Kepraktisan dari produk LKS interaktif Science’s live worksheet berbasis HOTS  dengan hasil rata-rata 98% di kategori “sangat praktis, (3) Keefektifan dari LKS interaktif Science’s live worksheet berbasis HOTS  dengan besarnya n-gain skor memperoleh 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, LKS interaktif science’s liveworksheets yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran sains di sekolah dasar.

Abstract:  Student Worksheet (LKS) is one of the teaching media that must be developed by educators in an effort to support the implementation of teaching and learning activities, especially subjects that have science content. The purpose of this study was to determine: (1) Validity, (2) Practicality, and (3) Effectiveness of the HOTS-based interactive Science's liveworksheet in student learning in elementary schools. This type of research is R&D (Research & Development) by adapting the model from Borg & Gall, and using a one-group pretest-posttest design. The results of the development of the HOTS-based interactive Science's live worksheet shows that (1) The validity of the HOTS-based Science's live worksheet interactive product has been successfully developed, the percentage of product validity is 96.67%%, which is included in the "Very Valid" category (2 ) The practicality of the HOTS-based interactive Science's live worksheet with an average result of 98% in the “very practical” category, (3) The effectiveness of the HOTS-based Science's live worksheet with an average n-gain score of 0.7 is included high in the HOTS category. Thus, the interactive science's live worksheets developed are valid, practical, and effective for use in science learning in elementary schools.

Keywords


Science’s live worksheet; hots; siswa

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2018). Urgensi Metakognisi dalam Pencapaian Hasil Belajar Kimia di SMA. Lantanida Journal, 5(2), 119. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2834

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729

Asnitawati, A. (2019). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 8 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 9(2), 134. https://doi.org/10.31258/jp.9.2.134-145

Awang, I. S. (2015). Kesulitan belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 143–155. https://doi.org/10.31932/ve.v6i2.106

Bhoke, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter dengan Model Realistic Mathematics Education pada Materi Segiempat. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (KUDUS), 3(1), 58. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6973

Cloonan, M. R., Cloonan, D. J., Lynn Schlitzkus, L., & Fingeret, A. L. (2020). Learners with Experience in Surgical Scrub Benefit from Additional Education with an Interactive E-Learning Module. Journal of the American College of Surgeons, 231(4), e196. https://doi.org/10.1016/j.jamcollsurg.2020.08.521

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 170–176.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Kamaladini, Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 1(September), 93–100.

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Analisis Interaksi Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782

Mayasari, H., Syamsurizal, S., & Maison, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v4i2.2533

Nizaar, M., Haifaturrahmah, Abdillah, Nursina, S., & Sirajuddin. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(6), 6150–6157.

Pane, A. (2019). Urgensi Komunikasi Dalam Keluarga Untuk Membentuk Akhlakul Karimah. Komunikologi, 3(1), 36–52. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5320

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. JPPIPAI, 1(2), 7–12.

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697

Sari, N., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Pengembangan Media Komik IPA Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Peserta Didik SMP. Jurnal Elementary, 1(1), 5–10. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.138

Sari, N., & Rahman, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Pancasakti Science Education Journal PSEJ Volume 3 Nomor 1, April 2018, (Hal. 34- 42), 3(April), 34–42.

Sari, N., & Ratu, T. (2021). Pengembangan Media Komik Bermuatan IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 5(6), 6185–6195. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1793

Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal Hots Berbasis Permainan Ular Tangga Pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(1), 103–110. https://doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501

Supriatna, I., & Asmahasanah, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi Dengan Nilai Agama Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 162. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34803

Tamami, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Lingkaran. Jurnal Teknodik, 25(1), 1. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.649

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10(2), 128–132.

Widari, N. L. P. E., Astawan, I. G., & Sumantri, M. (2021). Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Mimbar Ilmu, 26(3), 364. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37088

Supranoto, H. (2018). Pengembangan soal HOTS berbasis permainan ular tangga pada mata kuliah Telaah Ekonomi SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 103–110




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nursina Sari, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Tursina Ratu, Nengah Nengah, Muhammad Erfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: