Peningkatan Kreativitas Siswa pada Materi Segitiga dan Segiempat Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada tahun Ajaran 2021/2022

Laras Prajayanti, Darmadi Darmadi, Ibadullah Malawi, Henri Yuli Hartanto

Abstract


Rendahnya kreativitas siswa selama pandemi dengan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam materi luas segitiga dan segiempat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 4 Madiun semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kreativitas siswa berdasarkan aspek kreativitas yaitu kemampuan kelancaran (fluency), kemampuan keluwesan (flexibility), kemampuan keaslian (originality), dan kemampuan merinci (elaboration). Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus. Dari ketiga siklus tersebut diperoleh peningkatan pada setiap aspek kreativitas, namun untuk kemampuan keaslian (originality) mengalami penurunan. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Keywords


Kreativitas; Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 26(2), 243. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36105

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Ceker, E., & Ozdamli, F. (2021). Features and characteristics of problem based learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 11(4), 195–202. https://doi.org/10.18844/cjes.v11i4.1296

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2020). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project - Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272. Retrieved from http://idealmathede.p4tkmatematika.org

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Muna, M. S., & Larasati, S. P. D. (2021). Dinamika Pembelajaran Online di Era Covid-19 terhadap Perkembangan Kreativitas Anak. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2391–2399. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.827

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Nugroho, I. A., Chotim, M., & Dwijanto. (2013). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 49–54. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. SAINTIFIK, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. (Anna, Ed.), PT. Refika Aditama (pp. 1–392).

Sari, Y. K., Juandi, D., Tamur, M., & Adem, A. M. G. (2021). META-ANALYSIS: MENGEVALUASI EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Journal of Honai Math, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i1.144

Suharman. (2011). Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: Laras.

Sujana, A., & Sopandi, H. W. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.