Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA Kurikulum Merdeka

Talitha Salsabila Kinayung Fajri, Laili Nailul Muna

Abstract


Kurikulum merdeka merupakan upaya pemerintah dalam mengatasi learning loss di Indonesia. Pada pelaksanaan pembelajaran kimia kurikulum merdeka, peserta didik membutuhkan panduan dalam penguatan pemahaman materi dan belajar mandiri. Metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa adalah pembelajaran multiple representasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran LKPD berbasis Multiple Representasi pada materi hukum dasar kimia. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket skala Guttman. Media pembelajaran dinilai oleh satu ahli materi dan satu ahli media, tiga pendidik SMA/MA serta direspon oleh 10 peserta didik kelas X MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan 94,44 % dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 91,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase keidealan 90,83% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon peserta didik mendapatkan persentase keidealan 94,167%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LKPD berbasis Multiple Representasi pada materi hukum dasar kimia sangat layak digunakan.

Keywords


Independent Curriculum; Learning Media; Primary Chemical Law Material; Worksheet Learning Media

Full Text:

PDF

References


Bhavya Bhasin, Gautam Gupta, & Sumedha Malhotra. (2021). Impact of Covid-19 Pandemic on Education System. EPRA International Journal of Environmental Economics, Commerce and Educational Management, May 2020, 6–8. https://doi.org/10.36713/epra6363

Daryanto, H. (2005). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Jarolimek, John. 1993. Social Studies in Elementary Education (9th. Ed). New York: Macmilan Publishing. Co. Ltd.

Dwi Astuti, I., & Mulyatun, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran berbasis Multi Level Representasi (MLR) untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MAN Kendal. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 82. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4357

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145.

Hatimah, H., & Khery, Y. (2021). Pemahaman Konsep dan Literasi Sains dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/4078

Hendra Saputra, V., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 85–96. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514

Jatmiko, J., & Fiantika, F. R. (2017). Perangkat Pembelajaran 4D Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(1).

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Kaffenberger, M. (2021). Modelling the long-run learning impact of the Covid-19 learning shock: Actions to (more than) mitigate loss. International Journal of Educational Development, 81(October 2020), 102326. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102326

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). D 200 . IV(2), 200–209.

Noor, A. Y., Studi, P., Kimia, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Muhammadiyah, U. (2018). BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA SKRIPSI Oleh : ABDULLAH YAMANI NOOR.

Norjana, R., Santosa, & Joharmawan, R. (2016). Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Hukum-. 01(2).

Novi Ratna Dewi , I. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1496–1502.

Putri, M. H. K., & Rinaningsih. (2021). Efektivitas Lkpd Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Review : the Effectiveness of Student Worksheet To Increase Students. UNESA Journal of Chemical Education, 10(3), 222–232.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429

Rejeki, N. (2022). Analisis Learning Loss dan Strategi Recovery Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. 2(3), 407–422.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Susanti, R. E. E. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cyle 6F-Problem Posing Terhadap Motivasi Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Universitas PGRI Banyuwangi, 254–261. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/819

Syabani, P., Darmawati, & Febrita, E. (2018). Development Of Students Worksheet Based On Contracttivism Approach To Material Changes And Conservation Of Living Environment For Learning Biology Tenth Grade Senior High School. Jurnal Online Mahasiswa, 5(1), 1–14. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/17967

Widarti, H. ., Sutrisno, Sigit, D., & Sulistina, O. (2019). Persepsi Guru MGMP Kimia SMA dan SMK Kabupaten Malang terhadap Pembelajaran Berbasis Laboratorium dan Non Laboratorium. Jurnal Karinov, 2(1), 19–25. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/8259

Wilar, G. J., & Gugule, S. (2021). Pembelajaran Multipel Representasi Disertai Praktikum Pada Materi Ikatan Kimia. Indochembull.Com, 3(2), 59–62. https://doi.org/10.37033/ojce.v3i2.276

Yadav, R. (2021). Cyber Security Threats During Covid-19 Pandemic. International Transaction Journal of Engineering, 12(3), 1–7. https://doi.org/10.14456/ITJEMAST.2021.59


Refbacks

  • There are currently no refbacks.