Pengembangan Budaya Takbenda Berbasis Kearifan Lokal Pada Upacara Pasahat Boru Dalam Suku Angkola Di Kota Padang Sidempuan

Mery Romaito Siregar, Phil Ichwan Azhari, Bakhrul Khair Amal

Abstract


Pasahat boru merupakan tanggungjawab orangtua kepada suami anak gadisnya yang akan memulai hidup berumah tangga, ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam upacara perkawinan adat di masyarakat suku Angkola. Acara ini dilaksanakan ketika pemberangkatan kedua pengantin ke rumah pihak laki-laki/ suami. Tradisi ini dapat mendeskripsikan kearifan lokal yang terkandung dalam upacara adat pasahat boru. Data dalam tulisan ini merupakan sebuah kata-kata dalam bentuk nasihat dan pesan yang disampaikan oleh orang-orang yang diamati pada saat makkobar dan sumber datanya berasal dari proses tradisi upacara adat yaitu pasahat boru dalam perkawinan adat Angkola di Padangsidimpuan. Tradisi pasahat boru terdapat pada kearifan lokal seperti kekerabatan, kerukunan, kesantunan, dan penghormatan. Sehingga, nilai-nilai budaya dalam tradisi pasahat boru pada perkawinan adat perlu dilestarikan dengan peran sertanya berbagai unsur masyarakat etnik Angkola.


Keywords


Pasahat Boru; Kearifan Lokal; Strategi; Pemanfaatan;

Full Text:

PDF

References


Alam, S. T. (2016). Burangir Na Hombang. Medan: CV. Partama Mitra Sari.

Hayati, M. (2021, April). Perlindungan Terhadap Benda Cagar Budaya Patung Sepundu Sebagai Warisan Budaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 158-168.

Nahak, V. L. (2020). Internalisasi Kearifan Lokal Suku Leun Weau dalam Materi Ajar Sosiologi pada Pokok Bahasan Nilai dan Norma. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 2(2), 39-45.

Njatrijani, R. (2018, September). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.

Pulungan, A. (2018). Dalihan Na Tolu. (A. B. Nasution, Ed.) Medan: PERDANA PUBLISHING.

Sugiyarto. (2018, Maret). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis , 7(1), pp. 45-52.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sibarani, Robert. 2012. Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.

Siregar, Baumi. Edisi Baru, 2016. Pelajaran Adat Tapanuli Selatan : Horja Godang Mangupa di na Haroan Boru. Medan : Partama Mitra Sari.

Sinar, T. Silvana. 2011. Kearifan Lokal Berpantun dalam Perkawinan Adat Melayu Batubara. Medan: USU Press.


Refbacks