PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Badriyah, L., As’ari, A. R., & Susanto, H. (2017). ANALISIS KESALAHAN DAN SCAFFOLDING SISWA BERKEMAMPUAN RENDAH DALAM MENYELESAIKAN OPERASI TAMBAH DAN KURANG BILANGAN BULAT. Jurnal Pendidikan, 2, 7.
Huda, M. (2011). Cooperative learning: metode, teknik, struktur, dan model penerapan (Juli 2011). Pustaka Pelajar.
Pasongli, H., Marthinu, E., Adjam, S., Yusuf, M., & Naki, S. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LITERASI GEOGRAFI DI MTS DARUL ULUM SASA KOTA TERNATE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA, 2(2022), 9.
Rahayu, K. K., & Wirevenska, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE ( TPS ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Serunai Matematika, 11, 8.
Rianingsih, D., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANTPS (THINK PAIR SHARE)DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILANKOMUNIKASI SISWA KELAS 3. Naturalistic: Jurnal KajianPenelitandanPendidikan Dan Pembelajaran, 3.
Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Sumilat, Juliana Margareta, & Vindi S. Matutu. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievemen Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3, 5.
Tarana, A. D. (2018). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARTISIPASI SISWA APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE THINK PAIR SHARE TO IMPROVE STUDENT PARTICIPATION SKILLS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 10.
Wahyuni, N. E., Pramono, D., & Hastini, W. (2022). Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair SharePada Siswa Kelas 1SDN05 Buay Pemaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4),
Arikunto, S. 2010. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara.
Gifford, M.C. & Arvin, A. (2009). Sharing in teams of heterogeneous, Collaborative Learning Agents. International Journal Of Intelligent Systems, 24, 173- 200.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta.
Julianto,dkk. 2011. Teori dan Implementasi ModelModel Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.
Lailatul Badriyah, Abdur Rahman As’Ari, Hery Susanto.201. Analisis Kesalahan dan Scaffolding Siswa Berkemampuan Rendah dalam Menyelesaikan Operasi Tambah dan Kurang Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Volueme 2 No 1. Pp 50-57
Miftahul Huda, 2011. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur Dan Model Terapan . Pustaka Belajar. Yogyakarta
Pasongli., Hernita, Marthinu., Eva. Adjam., Syarifuddin. Yusuf., Mukhtar. 2022. Penerapan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Literasi Geografi di MTS Darul Ulum Sasa Kota Ternate. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP Uhamka. Volume 2.
Rahayu & Wirevenska. (2019). Pengaruh Model Pembelajara Kooperatif TipeThink Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai TP 2017/2018. Jurnal Serunai Matematika. Vol. 11 No 1
Rahmah, R. 2016. Pengembangan Media Berbasis Strategi Scaffolding Melalui Pendekatan Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Tesis. Bandar Lampung: FKIP Unila.
Rianingsih, A., Mawardi dan Wardani, K.W. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran Volume 3, No 2.
Sadipun B, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Phair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Universitas folres
Sumilat, Juliana Margareta, & Vindi S. Matutu. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievemen Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. (Online), Vol. 3, No. 3, (https://edukatif.org/index.php/edukatif/index, diakses tanggal 29 Januari 2023)
Tarana., Arsya Dwi. 2018. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Partisipasi Siswa Application of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share Toimprove Student Participation Skills. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 31.
Wahyuni., Nia Erni. Pramono., Dedi. Hastini., Wahyu. 2022. Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran. Think Pair Share Pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Buay Pemaca. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.