STRATEGI DINAS PERDAGANGAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DI WAKESAMBI LABUAN BAJO

Siti Hasma Wati

Abstract


: Strategi Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Retribusi Pasar Merupakan Salah Satu Bidang yang harus di kembangkan Untuk menggali Pendapatan Asli Daerah yang merupakan Sumber keuangan daerah, Retribusi daerah, Hasil Pengelolaan kekayaan daerah yang bertujuan untuk memberikan Keleluasaan kepada daerah dalam Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2004. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi dinas perdagangan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui retribusi Pelayanan pasar. Strategi yang di susun oleh dinas perdagangan melalui retribusi pasar yaitu, Pengawasan, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengorganisasiaan yang sudah di jalanakan dengan baik. Namun masih adanya kekurangan dari segi penarikan retribusi yang belum sepenuhnya optimal belum sesuai. Peningkatan peran dinas perdagangan harus di optimalkan dalam menagih retribusi pasar.

Keywords


Strategi,Pendapatan Asli Daerah, Pelayanan Pasar

Full Text:

PDF

References


Anna Annisa, & Aditiyawarman. (2022). Tata Kelola Retribusi Pelayanan Pasar Pada Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka Kabupaten Bandung. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(4), 659–671.

Bryson, John. M.2007. Perencanaan Strategis Bago Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajarwati Wijaya, (2020). Inovasi Pelayanan Publik Program E-Retribusi Di Dinas Perdagangan Kota Surakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 8(2), 109–118.

Gaffar, E., & Dewi, L. (2017). Analisis Kontribusi dan Efektivitas Penerimaan Retribusi Jasa Umum Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda.

Handoko,T .Hani. 1997. Manajemen Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Khairani, L. (2022). Efektifitas Pemungutan Retribusi Pelayananan Pasar Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Suatu Penelitian di Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Kenegaraan, 6(3), 251 -260.

Ma, et al. (2019). Upaya Dinas Perdagangan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Retribusi Pasar Bangetayu Kota Semarang.

Novita, A. (2022). Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat melalui Pasar Seni Siak JurnIlmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5500–5508.

Permatasari, D. (2018). Strategi Meningkatkan Penerimaan Retribusi Pasar Pada Dinas Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo (Studi Kasus Pada UPTD Dinas Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo.

Rajab, A., & Pasar, R. (2020). DAERAH DI KABUPATEN MAMUJU. 1(2).

Said, (2015). Strategi Pemberdayaan UMKM Pada Dinas Koperindag Kabupaten Maros (Studi Kasus Pada Sektor Perdagangan). 1–79.

Sondakh, R. W. (2019). Optimalisasi Dinas Perdagangan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Bitung. Jurnal Eksekutif, 3(3), 3.

Siagian, (2002: 206) Menjelaskan Manfaat Dari Penetapan strategi Pada Organisasi.

Sugiyono, ( 2018: 225) Sumber data dalam penelitian kualitatif, Kualitatif dan R& D.Bandung Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.