Kesadaran Mahasiswa Terhadap Kesetaraan Gender di Stikes Santa Elisabeth Medan

Yohanes Briyan Vincesius Mendrofa, Pomarida Simbolon, Deskrisman Stefan Mendrofa

Abstract


Kesetaraan gender adalah keadaan dimana laki-laki dan perempuan berada di posisi atau kesempatan yang sama dan hak sebagai manusia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kesadaran mahasiswa terhadap kesetaraan gender di STIKes Santa Elisabeth Medan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dalam desain deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Data dikumpulkan oleh peneliti melalui penggunaan kuesioner dalam penelitian ini. Data dianalisis secara univariat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran mahasiswa di STIKes Santa Elisabeth Medan sangat tinggi dalam hal kesadaran terhadap kesetaraan gender, dengan rincian 94.3% subjek penelitian memiliki tingkat kesadaran terhadap kesetaraan gender sangat tinggi, 4.3% tingkat kesadaran terhadap kesetaraan gender tinggi sedangkan  1% tingkat kesadaran terhadap kesetaraan gender sedang. Dalam hal ini, sebagai mahasiswa yang berpendidikan agar tetap mempertahankan dan meningkatkan tingkat kesadaran terhadap kesetaraan gender yang telah dilakukan karna sebagai mahasiswa memahami dan menyadari bahwa manusia sama-sama diciptakan oleh Tuhan baik laki-laki dan perempuan.

Keywords


Kesadaran, Mahasiswa, Kesetaraan Gender

Full Text:

PDF

References


Aini, N. N., Afifah, N., & Ayu, D. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Organisasi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2021 Gender Equality in the Scope of the University of Muhammadiyah Surabaya Organization in 2021. Jurnal Ilmiah Psikologi & Terapan, 1(2), 31.

Akbar, S. N. A. F., Nurfadlia, & Hasanah, P. N. (2021). TINGKAT KESADARAN MAHASISWA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS HASANUDDIN TERHADAP KESETARAAN GENDER. Jurnal ABDI sosial budaya dan sains, 3(1), 120–129.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA Oleh. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 1–14.

Amalia, A. (2017). Ketimpangan Kemiskinan Terhadap Gender. At-Tawassuth, 3(3), 324 – 344.

Azizah, N. R., & Mahdy, I. F. (2023). Hubungan Antara Kesadaran Kesetaraan Gender pada Mahasiswa dan Sikap Diskriminasi kepada Perempuan. Jurnal Riset Statistika, 3(2), 131–136.

Hazairin, A. Z., Kandi, S., Alvin, M., & Hadi, L. (2023). Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi terhadap Kesetaraan Gender. Prosiding Seminar Nasional, 1194–1204.

Komnas Perempuan. (2023). Kekerasan terhadap Perempuan di Ranah Publik dan Negara: Minimnya Perlindungan dan Pemulihan. Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2022.

Nastiti, D. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pembentukan Sikap Demokratis. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 64–76.

Telnoni, B. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja, 4(2), 167–179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.