Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini Dengan Latihan Kecakapan Hidup Di Sekolah dan Di Rumah

Utin Supartini, Nurbiana Dhieni, Sofia Hartati

Abstract


Kemandirian adalah hal penting dalam perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan sejak dini. Pembiasaan kemandirian pada anak dilakukan dengan cara melatih kecakapan hidup dasarnya secara konsisten di sekolah dan di rumah dalam bimbingan guru dan orang tua, untuk mengurangi kebiasaan anak yang selalu ingin dibantu dan dilayani. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif yang memaparkan kondisi dan kebutuhan orang tua siswa, guru dan siswa terhadap program latihan kecakapan hidup. Data penelitian didapatkan melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan terhadap para guru, siswa dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan guru sama-sama menganggap penting program latihan kecakapan hidup untuk anak dan bersedia melakukan pendampingan latihan kecakapan hidup anak di sekolah dan di rumah. Anak-anak usia dini di TK Islam El-Fash terlihat membutuhkan latihan pembiasaan kecakapan hidup untuk menumbuhkan kemandirian mereka. Selanjutnya diharapkan akan dapat disusun sebuah program latihan kecakapan hidup yang akan menjawab kebutuhan ini.


Keywords


Kemandirian, Kecakapan hidup, Anak Usia Dini, Kerjasama sekolah dan orang tua

Full Text:

PDF

References


Amini, M. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Melibatkan Orang Tua Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak. UNJ.

Braaten, E. B. (2018). Erikson’s Theory of Psychosocial Development. The SAGE Encyclopedia of Intellectual and Developmental Disorders. https://doi.org/10.4135/9781483392271.n178

Brown, C., & Lowis, M. J. (2003). Psychosocial development in the elderly: An investigation into Erikson’s ninth stage. Journal of Aging Studies, 17(4), 415–426. https://doi.org/10.1016/S0890-4065(03)00061-6

Catron, C., & Jan, A. (1999). Early Childhood Curriculum, A Creative Play Model. Columbus, Meryl.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini Daviq Chairilsyah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333

Dowling, M. (2005). Young Children’s Personal , Social and Emotional Development (second). Paul Chapman Publishing.

Einon, D. (1999). Learning Early. Checkmark Book.

Feez, S. (2010). Montessori and Early Childhood. Sage.

Hansburry. (2008). The Life Skills Handbook. Www.Lifeskillshanbook.Com.

Jackman, H. L. , B. N. H. , & W. S. S. (2015). Early Education Curiculum: A Child’s connection to the World.

King, P., & Boardman, M. (2006). What Personal/Social Skills are Important for Young Children Commencing Kindergarten? Australian Journal of Early Childhood.

Martinis, Yamin, Sannan, & Jamilah Sabri. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. GP Press.

Montessori, M. (1912). The Montessori Method, Scientific Pedagody as Aplied To Child Education in The Children Houses (second). Frederick A. Stokes Company.

Montessori, M. T. (1918). The Advanced Montessori Methode (The Montessori Serie, Vol. 9). Montessori-Pierson Publishing Company.

Mustofa, E. (2020). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Pembiasaan Mencuci Tangan. Jurnal Pendidikan Islam.

Narine, C. (2023). The Effect of Work Plans on Independence in a Primary Montessori Classroom. SOPHIA, St. Chaterine University.

Nguyen, N. T. (2023). The Lived Experience of Preschool Children Ages 3-4 : The Practices of Independence in the Case Some Pre School in Vietnam. Journal of Education, Society and Behavioral Science.

Prasetyo, I., Suryono, Y., & Gupta, S. (2021). The 21 st Century Life Skills-Based Education Implementation at the Non-Formal Education Institution. 7(1), 1–7.

Rizka, H., & Shafura, A. (2018). Kerjasama Antara Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Di Sd Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Collaboration Between School And Parents On Character Education In Sd Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 34). http://www.kpai.go.id/berita/kpaitanggap-video-

Roopnarine, J., & Johnson, J. (2012). Approaches to Early Childhood Education.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Universitas Muhamadiyah Jakarta.

Safira, N., & Hidayah, A. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(9). https://doi.org/10.36418/jist.v3i9.489

Sekolah, P. T. J., & Tua, O. (2020). Prinsip-prinsip tanggung jawab sekolah, orang tua, dan masyarakat terhadap keberadaan lembaga pendidikan sekolah. November, 0–10.

Seldin, T. (2006). How To Raise An Amazing Child, The Montessori Way.

Sinta, N., Sinta Rochwidowati, N., & Widyana, R. (2023). 2:18 PM GMT+7 18% Overall Similarity Excluded from Similarity Report Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif.

Sitanggang, R. R., Fisika, P., Keguruan, F., & Jambi, U. (2019). Melatih Kemandirian Anak Melalui Rutinitas Sehari-Hari. 9(58).

Stein, S. J., & Book, H. E. (2006). The EQ Edge, Emotional Intelligence And Your Success. Jossey Bass.

Taman, K. B. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kecakapan Hidup Anak.

Utami, R. D. W. I. (n.d.). Pendidikan Kecakapan Hidup ( Life Skill ) Untuk Anak Usia Dini.

Vlasov, J., & Hujala, E. (2017). Parent-teacher cooperation in early childhood education–directors’ views to changes in the USA, Russia, and Finland. European Early Childhood Education Research Journal, 25(5), 732–746. https://doi.org/10.1080/1350293X.2017.1356536

Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301

WHO. (1997). Life Skills Educator For Children and Adolescent in Schools.

Wintoro, P. (2023). Pendampingan Keluarga Dalam Edu Parenting Untuk Stop Generasi Home Service.

Zhang, L. fang. (2015). Erikson’s Theory of Psychosocial Development. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, 7, 938–946. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23200-5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.