Profil Analisis Kualitas Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Mata Pelajaran Fisika Kelas XII Berbantuan Program E-IRT

Nahla Putri, Heni Rusnayati

Abstract


Penilaian Sumatif Akhir Jenjang ditetapkan sebagai salah satu syarat penentu kelulusan siswa kelas XII dari satuan pendidikan. Instrumen Penilaian ini diharapkan teruji kualitasnya agar dapat digunakan sesuai tujuan. Hasil wawancara yang dilakukan pada guru fisika di salah satu SMA Kota Tasikmalaya menunjukkan bahwa analisis kualitas soal yang digunakan dalam kegiatan PSAJ tidak dilakukan sehingga guru tidak dapat mengetahui bagaimana kualitas dari soal tersebut. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas soal PSAJ mata pelajaran fisika kelas XII tahun ajaran 2023/2024 dengan teori respon butir berbantuan program e-IRT serta mengetahui proposi tingkat ranah kognitifnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 147 siswa kelas XII di salah satu SMA kota Tasikmalaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori respon butir model 3 PL. Hasil analisis menunjukan dari 25 butir soal terdapat 1 butir soal tidak valid, 3 butir soal dengan daya pembeda kategori tidak baik, 7 butir soal dengan tingkat kesukaran kategori tidak baik, dan 1 butir soal dengan faktor tebakan kategori tidak baik. Proporsi kategori ranah kognitif pada penilaian ini adalah C1 48%, C2 44 % dan C3 8% sehingga diketahui bahwa kemampuan siswa yang diuji pada penilaian ini hanya sampai kategori C3.

Keywords


Analisis Kualitas Soal; Model 3 Parameter Logistik; Penilaian Sumatif Akhir Jenjang; Program e-IRT

Full Text:

PDF

References


Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., ... & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Azevedo, J. M., Oliveira, E. P., & Beites, P. D. (2019). Using learning analytics to evaluate the quality of multiple-choice questions: A perspective with classical test theory and item response theory. The International Journal of Information and Learning Technology, 36(4), 322-341.

Eaton, P., Johnson, K., Frank, B., & Willoughby, S. (2019). Classical test theory and item response theory comparison of the brief electricity and magnetism assessment and the conceptual survey of electricity and magnetism. Physical Review Physics Education Research, 15(1), 010102.

Fauzet, F. D. (2016). Taksonomi Bloom–Revisi: Ranah Kognitif Serta Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(2).

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(1), 1- 7

Retnawati, H. (2014). Teori respons butir dan penerapannya: Untuk peneliti, praktisi pengukuran dan pengujian, mahasiswa pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Medika.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama publishing.

Setiawati, F. A., Izzaty, R. E., & Hidayat, V. (2018). Analisis respons butir pada tes bakat skolastik. Jurnal Psikologi, 17(1), 1-17

Supriadi, G. (2011). Pengantar teknik evaluasi pembelajaran.

Wahyuni, T., Yensy, N. A., & aliyyah Irsal, N. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas VII Terbitan Kemendikbud Revisi 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 123-133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.