Analisis Penerapan Pembelajaran Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka: Literatur Review

Abi Al Asri Harahap, Taufik Hidayat, Andi Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran kurikulum K13 dan kurikulum Merdeka dalam konteks pendidikan di Indonesia. Implementasi kedua kurikulum ini masih menghadapi beberapa tantangan. Beberapa tantangan tersebut antara lain kurangnya pemahaman dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum baru, keterbatasan sumber daya, dan perbedaan persepsi antara stakeholder pendidikan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature reviwe, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel, buku, dan sumber-sumber terkait lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa kurikulum K13 dan kurikulum Merdeka memiliki pendekatan pembelajaran yang berbeda. Kurikulum K13 lebih menekankan pada pengembangan kompetensi siswa melalui pendekatan saintifik dan pembelajaran berbasis proyek. Sementara itu, kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru dan siswa dalam menentukan materi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan lokal dan global. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami penerapan pembelajaran kurikulum K13 dan kurikulum Merdeka. Hasil penelitian ini pengambil kebijakan dan pihak terkait lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Keywords


Kurikulum K13; Kurikulum Merdeka; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Syakir Media Press.

Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.

Husna, A. Al, & Rigianti, H. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Selama Proses Pembelajaran Pada Saat Pergantian Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3018–3026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5799

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 293–304.

Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–816. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.2708

Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Kurikulum 2013. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600

Morelent, Y., & Syofiani. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234

Nova, A. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERUMNAS KOTA LANGSA. JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN, 9, 1–6.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Rawi, H. W., Adliya, S., Ainun, N., Harahap, N., Akmalia, R., Lubis, S. P., & Rachman, S. (2023). Peralihan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka pada siswa Sma melalui inovasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1349–1358.

Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Supriatna, M. N., Diyanti, I. E., Dewi, R. S., Dasar, M. P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Ciwaru, J. (2023). Analisis Perbandingan Kurikulum KTSP, K13 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01), 9163–9172. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/4418/3598/

Widiastuti, & Oktama Yurita, H. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.51875/jispe.v4i2.266


Refbacks

  • There are currently no refbacks.