Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPA

Gina Sonia, Mukhaszha Shayu Kanah, Muhammad Ilham Syarif, Yenni Kurniawati

Abstract


Mata pelajaran IPA yang bersifat abstrak membutuhkan dukungan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memvisualisasikan pemahamannya dengan lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian SLR (Systematic Literature Riview) media yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sebagai media pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran berbasis android dapat menjadi alternatif yang menunjukkan bahwa Articulate Storyline paling banyak digunakan dalam pembelajaran IPA. Penggunaan media pembelajaran berbasis android di kelas VII banyak di desain pada materi tata surya sebanyak 10%. Disamping itu pada kelas VIII banyak di desain pada materi sistem eksresi sebanyak 7,50%. Pada kelas IX banyak di desain pada materi sel 7,50%. Penggunaan media pembelajaran berbasis android paling banyak dilakukan pada kelas VIII sebanyak 46%. Seluruh media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan ternyata mempunyai pengaruh positif pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan penggunaan media pembelajaran berbasis android disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin pesat dan dorongan pemerintah atau lembaga pendidikan untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi android telah menjadi platform yang sangat popular dan mudah diakses bagi pengguna, termasuk dibidang pendidikan.

Keywords


Media pembelajaran IPA, IPA, Android.

Full Text:

PDF

References


Ambara, M., Adiarta, A., & Indrawan, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X Titl Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20218

Ananng Fathoni. (2017). Media dan Pendekatan Pembelajaran di Era Digital (Vol. 01).

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Anindita, R., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2023). Pengaruh Penggunaan Mobile Learning Berbasis Website Terhadap Kemampuan Literasi Sains Materi Sistem Tata Surya. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 8(1), 50–58. https://doi.org/10.24905/psej.v8i1.173

Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media Stats, 12, 107–116.

Asikin, N., Nevrita, N., & Alpindo, O. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Guru-Guru IPA Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1606

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Fatma, A. D., & Partana, C. F. (2019). Pembelajaran Berbantu Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 229–236. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/issue/view/1758

Hadi. (2009). Penerapan Problem Based Learni Ng Dengan Media Lds Bergambar Pada Konsep Pencemaran.

Hayati, N., Istyadji, M., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk SMP/MTs Kelas VII. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(2), 43. https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7394

Indriani, S. M., Artika, W. I., & Ningtias, W. R. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–36. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS

Malla Avila, D. E. (2022). PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA DAN EKRESI PADA MANUSIA DI SMPN 1 SIMPANG TIGA. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Manongga, A. (2021). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 978-623–98(November), 1–7.

Muhammad Irfan, Dede Suratman, Dona Fitriawan, Mirza, A., & Pasaribu, R. L. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline 3 materi program linear di sekolah menengah atas. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 85–96. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21634

Nim, N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID SKRIPSI Diajukan Oleh:

Nugraha, B. S., & Hidayat, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif “ Sistem Tata Surya ” untuk Kelas VI Sekolah Dasar. INFOS Journal, 1(3), 1–6. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/INFOSJournal/article/view/2336

Nurillahwaty, E. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.

Nurjaman, A. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat Smp Untuk Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Cipeundeuy. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1378/

Rahmawati, S., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran Ipa Smp/Mts Berbasis Virtual Reality. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.752

Risma Agustina, Yudha Irhasyuarna, & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81–89. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.119

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614

Rizky, I. (2014). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran (Video) Pada Materi Minyak Bumi.

Sofia, L., Cahyaningrum, Y., & Muna, Z. F. (2023). Kata kunci : Inovasi pendidikan, Kontribusi teknologi, Cara belajar , Systematic literature review. SEMINAR NASIONAL FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 227–239.

Sugianto, C. A. (2018). Aplikasi Edukasi Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile. Informatics Research and Development, 31–39.

Syam, N. (2017). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Pengembangan Media Tutorial Pembelajaran IPA Berbasis Web. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5, 156–174.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.