PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK ANAK: LITERATURE REVIEW

M Refi Attaya, Muhammad Furqan, M Gibran Syahdewa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua terhadap perkembangan gerak anak. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pola asuh orang tua, dukungan mereka terhadap perkembangan gerak anak, dan interaksi orang tua-anak mempengaruhi gerak motorik anak. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review yang menggabungkan temuan dari berbagai disiplin ilmu seperti psikologi perkembangan, pendidikan, dan ilmu olahraga. Temuan menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam perkembangan gerak anak. Pola asuh yang mendukung, memberikan dorongan positif, dan memberikan lingkungan yang aman untuk bergerak dapat meningkatkan kualitas gerak motorik anak. Interaksi orang tua-anak yang positif dan terlibat dalam aktivitas fisik bersama juga memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan motorik anak. Selain itu, model perilaku orang tua dalam hal aktivitas fisik juga mempengaruhi perilaku gerak anak, karena anak cenderung meniru pola perilaku yang mereka lihat dari orang tua mereka. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi para orang tua, pendidik, dan praktisi kesehatan anak tentang pentingnya peran mereka dalam mendukung perkembangan gerak motorik anak. Dengan menyediakan lingkungan yang mendukung dan menjadi model yang baik dalam hal aktivitas fisik, orang tua dapat membantu anak-anak mereka mengembangkan keterampilan motorik yang kuat dan sehat.

Keywords


Literatur review, Orang Tua, Pola Asuh, Aktivitas Fisik, Kemampuan Gerak

Full Text:

PDF

References


Adi, S., Aldapit, E., Nova, A., Dharmika Nugraha, P., Hutomo Bhakti, Y., & Bang Redy Utama, M. (2021). Virtual Multimedia Communication for Physical Distancing in Physical Education. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012016

Alfani, M. A., & Sigit, C. N. (2023). Potret Penerapan Model Evaluasi Program dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Literature review. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 11(1), 1. https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1.2839

Ardiati, R. K. (2018). Peran orang tua dalam perkembangan kepribadian anak usia dini. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 73. https://doi.org/10.23916/08413011

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

Edi Widianto. (2015). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, Volume 2(1), 1–75.

Irwan, N. Q. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun Di Paud Kasih Bunda Pontianak. Jurnal ProNest, 3Irwan, N.(1), 1–12.

Kajian, J. I., Kewarganegaraan, P., Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). Jgc X (2) (2021) Jurnal Global Citizen Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. 2. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/....http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/....

Mega, O. N., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 787–790. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2807

Mislaini, M., Hoktaviandri, H., & Muliati, I. (2020). Peran Ibu Sebagai Pendidik Dalam Keluarga. Jurnal Kawakib, 1(1), 64–83. https://doi.org/10.24036/kwkib.v1i1.14

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588

Sampetondok, H. (2021a). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membangun Karakter Peserta Didik. JURNAL KARAKTER PESERTA DIDIK FKIP Universitas Negeri Makassar, 1(1), 3. http://skripsippknunj.org

Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27.

Thabita, A., & Werdiningsih, A. (2012). Peran Ibu Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah Ayu Thabita Agustus Werdiningsih, Kili Astarani Peran Ibu Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah ROLE IN MEETING THE NEEDS O. Jurnal STIKES, 5(1), 82–98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.