Meningkatkan kesadaran generasi emas indonesia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 melalui inovasi digital platfrom www.indonesia2045.org

Wan Putri Adinda Yan Rudea, Fabia Alda, Aradea Fahrezi

Abstract


Era Revolusi Industri 4.0 menjadi kesempatan dan tantangan tersendiri bagi Generasi Emas Indonesia dalam mewujudkan proyeksi mengenai Indonesia di tahun 2045. Diantaranya, Indonesia akanmenjadi kekuatan ekonomi nomor 4 di dunia.Era Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan era digital ekonomi.Artinya, tercapainya Indonesia Emas 2045 dipengaruhi kesiapan Generasi Emas Indonesia dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.Kesiapan tersebut harus dimulai dengan kebijakan yang khusus dan tepat. Dalam hal ini, pemanfaatan perkembangan teknologi digital dewasa ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Inovasi platform www.indonesia2045.org bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Generasi Emas Indonesia dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.Rendahnya kesadaran generasi emas mengenai hal tersebut, ditandai diantaranya, ketidakmampuan generasi membedakan berita palsu (fakenews) dan berita benar, serta hanya menjadi pasar (konsumen) dari dampak pertumbuhan ekonomi digital.Tanpa adanya kesadaran dari generasi emas yang akan memegang estafet kepemimpinan dan penggerak ekonomi (usia produktif) negara maka jangan harap partisipasi dan kontribusi akan didapat bahkan sebaliknya. Dalam penulisan ini, dipergunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan, pengumpulan data melalui metode studi kepustakaan.Inovasi platform www.indonesia2045.org inimenjadi strategi tepat dan khusus karena generasi ini sebagiannya adalah generasi milenial yang mempunyai karakteristik, diantaranya, melek teknologi digital.


Keywords


Kesadaran Generasi Emas Indonesia Era Revolusi Industri 4.0 www.indonesia2045.org

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, N. binti, Najmi Muhammad, & Ismail, M. S. (2020). Analisis Keberkesanan Penggunaan Ict Dalam Mendepani Gelombang Revolusi Industri 4.0 Dalam Kalangan Pelajar Di Negeri Terengganu, Malaysia. Asian People Journal (APJ), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.37231/apj.2020.3.1.149

Adi, S., Aldapit, E., Nova, A., Dharmika Nugraha, P., Hutomo Bhakti, Y., & Bang Redy Utama, M. (2021). Virtual Multimedia Communication for Physical Distancing in Physical Education. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012016

Al Hakim, R., & Juandry, R. (2022). Dewan Energi Mahasiswa: Organisasi Pemuda Masa Depan Indonesia “Refleksi 76 Tahun Menuju Indonesia Emas 2045.” MANABIS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 42–48. https://journal.yp3a.org/index.php/manabis/article/view/626

Dike Widhiyaastuti, I. G. A. A., & Ariawan, I. G. K. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Untuk Berperilaku Anti Koruptif Melalui Pendidikan Anti Korupsi. Acta Comitas, 3(1), 17. https://doi.org/10.24843/ac.2018.v03.i01.p02

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Handayani, S., Sumarno, & Indriasih, A. (2019). Seuneubok Lada. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 82–95. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index

Hasudungan, A. N., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform www.indonesia2045.org. 1(September), 51–58. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/263

Nurfadhilah, N. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Dalam Mempersiapkan Pubertas Menuju Generasi Emas Indonesia 2045. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 85–100. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11124

Puranamasari, N. A., Hadijati, M., Harsiyah, L., Komalasari, D., Baskara, Z. W., Putri, D. E., Fakultas, S., Universitas, M., Majapahit, J., Mataram, N., & Barat, N. T. (2023). Peranan Statistika Dalam Era Big Data , Revolusi Industri. 5, 2–6.

Wahyudi, L. E., Alfiyan Mulyana, Ajrin Dhiaz, Dewi Ghandari, Zidan Putra Dinata, Muallimu Fitoriq, & M. Nur Hasyim. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies(MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/3/3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.