Tantangan Guru PJOK Dalam Pembelajaaran Abad 21: Literatur Riview

Ranesya Forina, Pastina Intan maria Lumban Batu, Johanda Johanda

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menemukan apa saja tantangan yang dialami guru pendidikan jasmani agar pembelajaran lebih terjalankan secara efektif dan sistematis. Metode yang digunakan adalah literature riview dengan tektik pengumpulan data dilakukan mulai dengan mencari referensi jurnal, artikel, buku, maupun media lainnya yang dapat membantuk dalam menyelesaikan tulisan ini. Hasil dari penulisan ini adalah pada abad 21 perkembangan zaman semakin meningkat, teknologi, internet, bahkan industry 4.0 dapat menjadi tantangan dalam pembelajaran pada abad 21. Tidak hanya itu tantang guru PJOK juga pengarah pada pendidikan intelektual, emosional, moral dan akhlak siswa

Keywords


Literatur riview; PJOK; tantangan guru; pembelajaran abd 21

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Adi, S., Aldapit, E., Nova, A., Dharmika Nugraha, P., Hutomo Bhakti, Y., & Bang Redy Utama, M. (2021). Virtual Multimedia Communication for Physical Distancing in Physical Education. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012016

Amalida, L., & Halimah, L. (2023). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2082

Aprillia, E., Nurhayati, C., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(4), 2829–272.

Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52

Fahruzy Nasution, A., & Siregar, I. (2023). Survei Permainan dan Olahraga Tradisional pada Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. AFoSJ-LAS, 3(2), 165–171. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/index

Fajri, I., Yusuf, R., & Mohd Yusoff, M. Z. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 105–118. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.30

Faturahim, F., & Purwanto, D. (2023). Inovasi model pembelajaran digital pada guru pjok di kecamatan palu utara. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 223. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16578

Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Firdaus, M., Anzhani, V. A., & Guru, P. P. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077.

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35

Iwan Usma Wardani, F., Universitas, P., Barat, N. T., Ilmu, P., Sosial, P., Pendidikan, U., Pendidikan, P., Universitas, D., & Ganesha, P. (2023). GURU DAN TANTANGAN KURIKULUM BARU : ANALISIS PERAN. 301–313.

Nurhalizah, S. (2022). Tantangan Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru dan Siswa. EDUKASiNFO, 1–17. https://www.edukasinfo.com/2022/01/tantangan-pembelajaran-abad-21-bagi.html

Pinasti Putri Maulita , Putri Harianti , Riliana Andriani, A. M. (2022). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 395–402.

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115.

Rahmawati, R., Hazirah, A., Rahmawati, D., Jatiningtyas, R., Larassati, E., Sukardi, R. R., & Yuniarti, Y. (2023). Persepsi Guru terkait Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. Teaching, Learning and Development, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.8

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga, 1(1), 12.

Siswantara, Y. (2021). Kesadaran Digital Sebagai Pengembangan Karakter Kebangsaan Di Abad 21. Linggau Journal Science Education, 1(1). https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljse/article/view/41

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197

Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125


Refbacks

  • There are currently no refbacks.