Keterbatasan Sumber Air Bersih Di Desa Bajo Pulau Wilayah Pesisir Kecematan Sape Kabupaten Bima

Nurmanis Nurmanis, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Bajo Pulau merupakan salah Pulau dari Provinsi NTB yang terletak di sebelah timur Kabupaten Bima dan paling ujung timur Kecamatan Sape. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterbatasan sumber air bersih di desa bajo pulau wilayah pesisir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan rekaman . Adapun narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala desa Bajo Pulau dan tokoh Masyarakat. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kurangnya kerja sama antar Masyarakat Bajo Pulau dalam membeli air dari Sape yang di salurkan malalui pipa bawah laut dengan alasan air yang mereka tampung tidak sesuai dengan uang yang mereka keluarkan . Oleh karena itu peran pemerintah dalam menangani masalah tersebut sangat dibutuhkan seperti mengadakan kegiatan penyuluhan kepada Masyarakat sekitar tentang pengelolaan air laut menjadi tawar di Desa ajo Plau

Keywords


Keterbatasan sumber air, Air bersih, Bajo pulau

Full Text:

PDF

References


Akhmaddhian, Suwari, Iman Jalaludin Rifai, Toto Supartono, Agung Gumelar Agustian, Dadan Hermansyah, and Royvaldo Royvaldo. 2023. “Sosialisasi Dan Pelatihan Pengelolaan Air Bersih Di Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan.” Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat 6(03): 256–61. doi:10.25134/empowerment.v6i03.8764.

Deviwidyastutiicloudcom, Email. 2022. “3 1,2,3.” 1(3): 263–72.

Julaikah, Julaikah, and Bariana Widitia Astuti. 2023. “Pengelolaan Air Bersih Siap Guna Dengan Metode Filtrasi Pada Pondok Pesantren X Daerah Bantul.” Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan (Abdigermas) 1(1): 55–59. doi:10.58723/abdigermas.v1i1.9.

Zitri, I., Gushadi, A., & Subandi, A. (2023). Pariwisata Halal Di Nusa Tenggara Barat: Implementasi Dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Journal Of Social And Policy Issues, 113-120.

Zitri, I., Lestanata, Y., & Pratama, I. N. (2020). Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Obyek Wisata Berbasis Masyarakat (Community Based Toursm) (Studi Kasus Pulau Kenawa Di Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat). Indonesian Governance Journal: Kajian Politik-Pemerintahan, 3(2).

Zitri, I., Lestanata, Y., Darmansyah, D., Amil, A., & Umami, R. Inovasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Sistem Zero Waste Di Nusa Tenggara Barat Model Pentahelix. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 107-119.

Lasmita, Revi, Aras Mulyadi, and Manyuk Fauzi. 2020. “Analisis Pengelolaan Air Program Pamsimas Sebagai Sumber Air Bersih Di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.” Jurnal Ilmu Lingkungan 14(1): 66. doi:10.31258/jil.14.1.p.66-79.

Masduqi, Ali, Noor Endah, and Eddy Setiadi Soedjono. 2008. “Sistem Penyediaan Air Bersih Perdesaan Berbasis Masyarakat: Studi Kasus HIPPAM Di DAS Brantas Bagian Hilir.” Prosiding Seminar Pascasarjana VII - ITS (978): 1–6.

Saniti, Dian. 2012. “Penentuan Alternatif Sistem Penyediaan Air Bersih Berkelanjutan Di Wilayah Pesisir Muara Angke.” Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota 23(3): 197–208.

Susilawaty, Andi, Munawir Amansyah, and Nildawati Nildawati. 2016. “Kerentanan Ketersediaan Air Bersih Di Daerah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Sulawesi Selatan Indonesia.” Al-Sihah: The Public Health Science Journal.

Syuhada, Feri Andi, Ahmad Nasir Pulungan, Ani Sutiani, Hafni Indriati Nasution, Junifa Layla Sihombing, and Herlinawati Herlinawati. 2021. “Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dalam Pengolahan Air Bersih Di Desa Sukajadi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN 2(1): 1–10.

Wilayah Pesisir Kabupaten Pasir, Di, Kalimantan Timur Oleh, Satmoko Yudo dan Taty Hernaningsih Peneliti di Pusat Teknologi Lingkungan, and Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. 2006. 2 KEBUTUHAN AIR BERSIH MASYARAKAT DI DAERAH PERDESAAN NELAYAN.

Yudo, Satmoko, and Taty Hernaningsih. 2006. “Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Di Daerah Perdesaan Nelayan Di Wilayah Pesisir Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur.” Jurnal Air Indonesia 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.