Efektivitas Program Desa Tangguh Bencana dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat di Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat

Abdul Azizul Ghaffar, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Program Desa Tangguh Bencana (Destana) adalah konsep yang dikembangkan di Indonesia untuk memperkuat ketahanan komunitas desa terhadap bencana alam. Program ini bertujuan untuk mengurangi risiko bencana melalui peningkatan kapasitas masyarakat dalam mengenali, merespons, dan memulihkan diri dari bencana. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Program Desa Tangguh Bencana  dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi data, dan analisis dokumen terkait Program Desa Tangguh Bencana . Hasil penelitian efektivitas program desa tangguh bencana sudah berjalan dengan efektif dan terdapat factor penghambat yaitu masih ada sedikit Masyarakat yang belum ikut partisipasi dalam kegiatan desa tangguh bencana. Penelitian ini diharapkan memberikan masukan bagi pembuat kebijakan untuk meningkatkan efektivitas Program Desa Tangguh Bencana  dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat.

Keywords


Bencana, Desa Tangguh Bencana, Kesiapsiagaan

Full Text:

PDF

References


Budiani, N. W. (2007). Efektivitas program penanggulangan pengangguran karang taruna “eka taruna bhakti” desa sumerta kelod kecamatan denpasar timur kota denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 2(1), 49–57.

Danil, M. (2021). Manajemen Bencana. PROSIDING UNIVERSITAS DHARMAWANGSA, 1, 7–14.

Ibrahim, I., & Zitri, I. (2023). Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Kawasan Pertembangan Emas Di Sumbawa Barat. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 10(1), 87-96.

Kurniawan, A. (2005). Transformasi pelayanan publik. Pembaruan.

Perka, B. (n.d.). No 1 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Desa. Kelurahan Tangguh Bencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.