Konstribusi Terintegrasi Dinas PUPR Provinsi NTB Dalam Membangun Infrastruktur Jalan.

Nafillah Nafillah, Fikri Haikal, Samsul Hadi, Emil Tazahroq

Abstract


Pembangunan Infrastruktur Jalan di Provinsi NTB memerlukan peran pemerintah dalam perencanaan pembangunan Infrastruktur jalan yang akan dilakukan dalam daerah, melalui Bidang Bina Marga pada Dinas PUPR Provinsi NTB. Tujuan dilakukannyaa penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran dan konstribusi Dinas PUPR Provinsi NTB dalam Pembangunan infrastruktur jalan di lingkup Provinsi NTB. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggambarkan obyek yang di teliti berupa hasil wawancara dengan dinas terkait. Dari hasil penelitian ini di dapatkan bahwa Dinas PUPR Provinsi NTB telah melaksanakan peran dan berkontribusi langsung sesuai dengan tugas dan kewenangannya dalam Pembangunan infrastruktur jalan di lingkup Provinsi NTB walaupun masih belum sesuai dengan yang ditargetkan oleh RPJMD. Melalui beberapa tahapan yaitu mendapatkan usulan dari masyarakat, diteruskan ke instansi-instansi terkait meliputi Kepala Desa/Kelurahan, Camat, dan Bupati/walikota, lalu ke Dinas PUPR prov ntb yang akan di bahas langsung pada Musyawarah Rencana Pembangunan. Melalui evaluasi dan seleksi hasil musyawarah rencana Pembangunan sehingga diperoleh hasil dalam kemajuan suatu wilayah pembangunan Infrastruktur jalan sangat perlu untuk diperhatikan oleh pemerintah, karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan akses jalan masyarakat pada pelayanan dasar dan untuk meningkatkan produktivitas serta meningkatkan daya saing,

Keywords


Dinas PUPR, Jalan, Pembangunan

Full Text:

PDF

References


Book

DPUPR, Laporamn Rencana Kerja Dinas PUPR Provinsi NTB. 2021

Grigg,S, N. (1988). Infrastructure Engineering and Management. Universitas Michigan: Wiley & Sons.

Journal

C. Hermawan, B. Laporan, S. Informasi, & P. Daerah (2019). Peran Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang ( PUPR ) Dalam Pengendalian Banjir Di Kelurahan Sidodadi Kecamatan. eJournal Ilmu Pemerintah, 7(1). 465–478.

Febrianika, M., Salena, I. Y., & Sari, D. P. (2022). Peran Bidang Program Dinas PUPR Dalam Pembangunan Jalan Di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Teknik UNIDA, 3(1).

Hakim, D. A., Nopriza, H., Syari’ah, F., Raden, U., & Lampung, I. (2022). PERAN PEMERINTAHAN DAERAH DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Jurnal Hukum POSITUM, 7(2), 205–227. https://dadansetiana.wordpress.com/pengertian-siyasah-syariyyah-dan-fiqih-siyasah-serta-cakupan-

Hamdani Fajri, Syahyuman. "Sistem Pengelolaan Arsip Dinamis di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi." E-Journal, Vil. 1, No.1, 2012.

Ilham, R., Yusra, A., & Amir, A (2023). Peran Bidang Jalan Dinas PUPR Aceh Barat Dalam Penanganan Dan Pembangunan Jalan Dikabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Teknik UNIDA, 4(1). 94-98.

Moh, L. N., & Nazar Fajri, S. E. (2017). PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (Studi Kasus di Desa Jenggala Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara). In MPA Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Jurnal SIKAP (Vol. 1).

Sadikin, S., Hannan, S., & Sunani, U. (2021). PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN ULUMANDA. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), 834. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2215

Safitri, A., Sari, A. D. P., Normafufah, F., & Is’adi, M (2024). Peran DPU BMSDA Kabupaten Jember Dalam Meningkatkppan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pembangunan Dan Pemeliharaan Jalan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara, 2(1), 17-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.