Strategi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus: Literatur Review

M.Akbar Maulana, Arif Habibul Umam, Sayed Zamir Alatas

Abstract


Penelitian ini mengkaji berbagai strategi belajar yang efektif untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus melalui analisis literatur. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi pendekatan yang paling bermanfaat dalam mendukung perkembangan dan pembelajaran anak-anak tersebut.metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode literature review. Hasil penelitian menyoroti pentingnya individualisasi pendekatan, penggunaan teknologi, dukungan terapeutik, dan keterlibatan orang tua. Anak berkebutuhan khusus (ABK) mempunyai karakteristik yang berbeda antara satu sama lain. Oleh karena itu pula anak berkebutuhan khusus harus memiliki layanan pendidikan yang khusus yang disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak tersebut sesuai dengan potensi yang dimiliki. Pendidikan inklusi adalah sebuah sistem pendidikan yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan arti pendidikan inklusi ini sebagai sistem penyelenggara pendidikan kepada peserta didik yang memiliki kelainan dan potensi kecerdasan atau bakat yang istimewa, ABK memiliki kemampuan potensi yang berbeda beda. Dengan begitu strategi pembelajaran yang di terapkan pada AKB yaitu penerapan pembelajaran remedial teaching yang membantu guru memahami dan menetapkan kondisi tertentu dalam pembelajaran.

Keywords


Strategi belajar, Anak berkebutuhan khusus.

Full Text:

PDF

References


Acha, B., & Nova, A. (2018). Survei Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tuna Grahita Di Slb Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS) : Jurnal Ilmu Olahraga, 1(1), 16–26. https://ejurnalunsam.id/index.php/jors

Aghniya, S. L. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Inklusi, 8, 247–278.

Azizah, I. (2022). Metode Pengajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (Slb). Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 11(1), 42–47. https://doi.org/10.29406/jpk.v11i1.1953

Hutabarat, J., Siallagan, M. T., Sianipar, N., Kabeakan, N., & Widiastuty, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Dan Kelambanan Berpikir Pada Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Kelas C ) Di Slb N. Siborongborong. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 200–213.

Ketut, N., & Eka, S. (2023). JURNAL PENDIDIKAN INKLUSI Citra Bakti. 1, 11–19.

Kurniawati, H., Rosidah, R., & Ernawati, E. (2022). Strategi Pengembangan Sosial Emosional Anak Berkebutuhan Khusus: Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(1), 42–60. https://doi.org/10.47467/mk.v22i1.1856

Lestari, S. (2022). Metode Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Di Sekolah Inklusi RA Zidni Ilma Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10990–10998.

Sari, S. F., & Fernandes, R. (2022). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Pada Setting Sekolah Inklusif (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Bukittinggi). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 118–126. https://doi.org/10.24036/nara.v1i2.23

Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559–564. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.78

Widhiati, R. S. A., Malihah, E., & Sardin, S. (2022). Dukungan Sosial dan Strategi Menghadapi Stigma Negatif Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan. Jurnal Paedagogy, 9(4), 846. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5612

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1108


Refbacks

  • There are currently no refbacks.