Satu Dekade Implementasi Software Matlab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta-Analisis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Sucipto, A., & Suprianto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Gui Matlab Pada Pokok Bahasan Modulasi Analog Dan Digital Kelas Xi Tav Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 487–492.
Aditya, M. R., & Nurhayati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Dan Software High Frequency Structure Simulator (HFSS) Untuk Menunjang Materi Antenna Pada Mata Kuliah Antenna Dan Propagasi Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 317–324.
Adnyani, L. P. W., Auliya, R. N., & Pinahayu, E. A. R. (2018). Aplikasi Matlab Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika Di Sma. UNES Journal of Community Service, 3(2), 163. https://doi.org/10.31933/ujcs.3.2.162-165.2018
Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2017). Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.968
Astuti, S. P. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kalkulator Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Fisika Gerak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.8953
Baysha, Apriansyah MS, M. H. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB) Terhadap Hasil Belajar Siswa.. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3, 10–20.
Firdaus, A. A., Nashiroh, P. K., & Djuniadi, D. (2020). Hubungan Nilai Matematika dengan Prestasi Belajar Pemrograman Berorientasi Objek pada Siswa Kelas XII Jurusan RPL SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 32. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.22680
Gemechu, E., Michael, K., & Atnafu, M. (2020). A MATLAB Supported learning and Students’ Conceptual Understanding of Domain and Range of a Function of Two Variables: Wolkite University, Ethiopia. Science and Technology, 16(2010), 18–28. www.isres.org
Handani, I. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Matlab Pokok Bahasan Matriks Terhadap Hasil Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021. 11–36. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15127
Harleni, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear dengan Memanfaatkan MATLAB. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2126
Iswara, A. (2021). Guided Inquiry , Matlab, Statistika. 16(30), 13–20.
Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 21–33. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/119
Lateef, U. O., & Adenubi, A. (2013). Artificial Neural Network ( ANN ) Model For Predicting Students ’ Academic. October.
Lusiana, R. (2021). * Restu Lusiana. Universitas PGRI Madiun Jl. Setiabudi No. 85 Madiun, 63118, Madiun, Indonesia. Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 1983–1999.
Majid, M. A., Huneiti, Z. A., Al-Naafa, M. A., & Balachandran, W. (2012). A study of the effects of using MATLAB as a pedagogical tool for engineering mathematics students. 2012 15th International Conference on Interactive Collaborative Learning, ICL 2012. https://doi.org/10.1109/ICL.2012.6402183
Maulid, R. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI SMK Negeri 1 Trowulan. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 11, 27–37. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/43572
Mustafidah, H., & Giarto, W. G. P. (2021). Aplikasi Berbasis Web untuk Analisis Data Menggunakan Korelasi Bivariat Pearson. Sainteks, 18(1), 39. https://doi.org/10.30595/sainteks.v18i1.10564
Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan Problem Posing Berbantuan Software MATLAB terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Elemen, 5(1), 12. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.710
Nurbaiti. (2019). Strategi Peningkatan Presentasi Belajar Siswa Melaui Pendekatan Model Problem Based Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Serambi Ilmu, 20(September), 330–347.
Nuron, N., Sopandi, D., & Sari, V. T. A. (2018) Analisis Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 617. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p617-622
Rosalina, N. D. (2014). Penagruh Software Matlab Terhadap Minat belaja siswa pada Materi Matriks di Kelas X SMKN 2 Karang baru Aceh Tamiang TA 2013/2014. 1–11.
Sa’diyah, H., & Buditjahjanto, I. (2013). Pengembangan Gui Designer Matlab Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Teknik Pengkodean Sinyal Di Jurusan Teknik Elektro Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 811–818.
Salmina, M. (2020). Tersedia Daring pada https://ejurnalunsam.id/index.php/ JDM Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis GUI MATLAB The Effect of the Use of MATLAB GUI Based Learing Media On Student's Interest On Learning Outcomes In Trigonometric Materials Universitas Bina. Jurnal Dimensi Matematika, 4(2), 316–325.
Sari, R. M., & Abadi, A. M. (2015). Aplikasi Fuzzy Inference System Dalam Penilaian Prestasi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 71–78.
Setiawan, T. H. (2019). Pemanfaatan SOftware Graph 4.4.2 dalam Menunjang Perkuliahan Geometri Analitik Statmat: Jurnal Statiska dan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2945
Shalahuddin, Y., Rahman, F., & Setyawan, W. H. (2021). Pemodelan Simulasi Untuk Praktikum Teknik Otomasi Industri Berbasis Matlab/Simulink Di SMKN 1 Kediri. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 5(1), 15–26.
Sinaga, R. F. (2015). Prosiding, Pengunaan Program MATLAB untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Kuliah Metode Numerik di Prodi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nonmensen Medan Tahun 2014/2015 (Issue 52).
Sutrisno, S., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2804
Tanyishi, C. (2016). Effect of Simulations Using MATLAB on the Achievment and Gender of Electronic Education Students in Tertairy Institutions in Nigeria by Departement of Industrial Technical Education Faculty of Vocatioal and a Technical Education of University of NI. 0–137.
Triyadin, A., S.Pd., M.PFis, I., & Zulkarnain, Z. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Program MATLAB terhadap Hasil Belajar Hasil Peserta Didik pada Materi Gaya Kelas VIII SMPN 3 Narmada 2020/2021. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 303. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3364
Utami, Y., & Fitra, A. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Program MATLAB dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks di Kelas XII SMA Tunas Bangsa Bandung. Jurnal Penusa, 1(1), 1–7.
Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2021). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Selama Study at Home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 72. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p72-81
Yeni, N., & Yuhandri, Y. (2021). Tingkat Korelasi Prestasi Akademik Terhadap Siswa SMP Menggunakan Metode Backpropagation. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 108–113. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v3i3.52
Yuliany, N., Suharti, S., & Sriyanti, A. (2019). The Effect of Matlab Software Mastery on The Students’ Learning Motivation of Linier Equation and Matrix Materials. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 114. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10970
Zulmi, N., Darmayanti, N. W. S., & Zulkarnain, Z. (2018). Pengembangan RUMPIS (Rumus Fisika) Berbasis Program MATLAB pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Labuapi kelas VII Tahun Ajaran 2017/2018. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(1), 8. https://doi.org/10.31764/orbita.v4i1.469
Refbacks
- There are currently no refbacks.