Penguatan UKM Kopi Rempah Al Jaidi Berbasis Green Economy Di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar
Abstract
Abstrak
Green economy merupakan gagasan ekonomi bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan. Salah satu langkah strategi yang di lakukan adalah mendorong para pelaku usaha untuk berkomitmen dan berperilaku ramah lingkungan. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep green economy kepada UKM kopi rempah Al Jaidi sebagai mitra di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, agar dalam kegiatan usahanya berwawasan ramah lingkungan. Metode program ini berupa penyampaian materi dengan melakukan edukasi dan pendampingan. Hasil yang dicapai mitra telah memiliki alat perlindungan diri yang dipakai saat melakukan proses produksi sebagai syarat keamanan pangan, limbah kulit ari kopi sudah termanfaatkan menjadi pupuk kompos, kemasan produk sudah menggunakan aluminium foil, dan paper foil telah memenuhi syarat keamanan pangan, dan merekaya mesin roasting agar lebih ramah lingkungan. Program ini berpontensi menumbuhkan motivasi mitra UKM kopi rempah Al Jaidi untuk menjadi wirausaha yang mandiri dan maju berwawasan ramah lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astutiningsih, S. E., & Sari, C. M. (2017). Empowerment Of Agroindustry Groups in An Effort To Accelerate East Java;s Economic Growth. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.20473/jiet.v2i1.5500
Borza, M., & Talmaciu, M. (2014). Incidence of Green Business on Developing the Entrepreneurial Environment from Metropolitan Area of Iaşi. Procedia Economics and Finance, 15.
Edigan, F., Purnama Sari, L. R., & Amalia, R. (2019). Hubungan Antara Perilaku Keselamatan Kerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Karyawan PT Surya Agrolika Reksa Di Sei. Basau. Jurnal Saintis, 19(02), 61. https://doi.org/10.25299/saintis.2019.vol19(02).3741
Fauziah, A. (2020). Studi tentang perilaku penggunaan alat pelindung diri (apd) pada pekerja bagian pengolahan teh di PT. candi loka ngawi 2020. Poltekkes Surabaya, 1–10.
Ikramuddin, I., Matriadi, F., Yusuf Iis, E., & Mariyudi, M. (2021). Marketing Performance Development: Application of the Concept of Digital Marketing and Market Orientation Strategy in the Msme Sector. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 1(2), 181–190. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v1i2.85
Istiqomah, Poppy, A., & Hary, P. (2015). Mewujudkan Green Economy Melalui Peningkatan Pemasaran dan Renovasi Workshop KUB Bruwun Alas Di Desa Notog, Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, November, 314–318.
Lako, A. (2018). Greean Economy : Menghijaukan Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi. Erlangga.
Nurwidiana, N., Fatmawati, W., & Masidah, E. (2019). Pendampingan Proses Produksi dan Kemasan Produk Industri Kecil Minuman Herbal. Community Empowerment, 4(2), 57–65. https://doi.org/10.31603/ce.v4i2.3067
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 43–46.
Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40–55. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v3i1.264
Uitz, I. (2012). Social Media – Is It Worth The Trouble? Journal of Internet Social Networking & Virtual Communities, 2012, 1–14. https://doi.org/10.5171/2012.313585
Zulfikar, R., & Mayvita, P. A. (2019). Does Green Economy Video Really Work ? The Effectiveness of Using Video Content Marketing in Forming MSMEs Perception and Behavior to Implement Green Economy. Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(c1), 34–45.
DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i1.22375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andry Herawati, Liling Listyawati, Sarwani Sarwani, Sri Kamariyah, Damajanti Sri Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This publication is indexed by: