Penerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Keatifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PKn di SDN 127 Inpres Moncongloe

Syahrawati Syahrawati, Abdul Azis, Musdalifah Syahrir

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model Role playing dalaam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pemebelajaran PKn di SDN 127 Inpres Moncongloe. Penelitian ini berjenis Penelitian tindakan kelas (PTK) Menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pemebelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C di SDN 127 Inpres Moncongloe semester genap tahun ajaran 2024 dengan 29 siswa. Pada Hasil penelitian keaktifan dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan Model Role Playing telah memberikan perubahan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV C. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada pemebelajaran PKn di SDN 127 Inpres Moncongloe.

This research was conducted to apply the role playing model to increase the activity and learning outcomes of class IV students in Civics learning at SDN 127 Inpres Moncongloe. This type of research is classroom action research (PTK) using a qualitative approach with the aim of finding out the application of the Role Playing Method in increasing student activity and learning outcomes in Civics learning. The subjects in this research were class IV C students at SDN 127 Inpres Moncongloe, even semester of the 2024 academic year with 29 students. The results of the activity research from cycle I and cycle II show that Civics learning using the Role Playing Model has provided changes in increasing the activity and learning outcomes of class IV C students. The conclusion of this research is that applying the Role Playing method can increase the activity and learning outcomes of class IV students in Civics learning at SDN 127 Inpres Moncongloe


Keywords


Role Playing; Keaktifan Siswa; Hasil Belajar; Pembelajaran; PKn

Full Text:

PDF

References


Ina Magdalena, dkk (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Bintang, 2(3), 418-430

Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makassar: Celebes Media Perkasa

Abdulkarim, A. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan Membangun Warga Negara YangDemokratis. Bandung: Grafindo Media Pratama

Winataputra, H. U. S. (2020). Hakikat, Fungsi, dan Tujuan PendidikanKewarganegaraan di SD. Pembelajaran Pkn Di Sd, 1-1

Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta:Depdiknas.

Mubarokah, A. (2012). Hakikat Dan Fungsi Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan.

Moh Uzer Usman dan Lilis Setyaati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan BelajarMengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bakhruddin, M., Shoffa, S., Holisin, I., Ginting, S., Fitri, A., Lestari, I. W., ... &Kurniawa, N. (2021). Strategi Belajar Mengajar. CV. Agrapana Media

Octavia, S. A (2020). Model-model Pembelajaran. Deepublish

Rahim, A., & Dwiprabowo, R. (2020). Penerapan Metode Role Playing PadaMata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal IlmiahKependidikan, 1(2), 210-217.

Ningrum, D. C. (2020). Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 2 KotagajahLampung Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Silalahi, D. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan HasilBelajar PKn Siswa Kelas V SDN 004 Teratak BuluhKecamatan SiakHulu Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),3(4), 723-735.

Kristin, F. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playingter hadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Paudi, Z. I. (2019). Penerapan metode role playing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 111-120.

Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56-64.

Milasari, A., Untari, M. F. A., & Kiswoyo, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Kartu SuaraMateri Pemilu dan Pilkada pada Siswa Kelas VI SDN Palebon 01Kecamatan Pedurungan. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 32-39.

Paudi, Z. I. (2019). Penerapan metode role playing pada pembelajaran fisikauntuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan SainsIndonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 111-120.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Anggraeni, A. D. (2018). Metode role playing dalam pembelajaran profesikependidikan. Jurnal pendidikan progresif, 8(1), 29-35.

Maryatun, S. Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran roleplaying pada siswa kelas V SD Negeri 1 Serenan Juwiring Klaten. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).

Lestari, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalammeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata PPKN di Kelas XII TPHP2 SMK Negri 1 Cangkringan: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan danPembelajaran, 3(2), 137-144.

Udin S. (2016). “Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) danMuatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(PPKn) dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional”. Jurnal MoralKemasyarakatan, 1(1)

Nurfauzi, Y., Risnawati, R., Suwarna, D. M., Ramatni, A., Sitopu, J. W., & Sinaga, J. (2023). Efektivitas model pembelajaran role playing dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(1), 213-221.

Lestari, D. P. (2023). Penerapan Metode Role Playing Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 79-85.

Sari, F. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PKNYang Mencerminkan Perilaku Harga Diri Melalui Metode Bermain Peran DiKelas III Sekolah Dasar. Jurnal Family Education, 1(1), 35-41.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.23097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: