PENDAMPINGAN UMKM PENJUAL KRIPIK KREMES DAN WINGKO UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI MERK, LABEL DAN KEMASAN

Willybrordus Lanamana, Laurentius Dominicus Gadi Djou, Yohanes Pande, Kristono Yohanes Fowo

Abstract


Abstrak: Produk turunan ubikayu Nuabosi; kripik, kremes dan wingko telah dipromosi dan dipasarkan. Bahan baku produk tersebut diambil dari ubikayu varietas lokal terbaik, dan organik, namun produk tersebut belum memiliki merk, label dan kemasan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pendapatan secara berkelanjutan. Jumlah anggota PKK yang berpartisipasi pada kegiatan ini, 30 orang. Metode yang digunakan penyuluhan, FGD, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan diawali dengan memberikan pretest diakhiri posttest. Pada pretest soal benar paling banyak 6 nomor dari 15 nomor yang diberikan, pada posttest jumlah soal benar 15 nomor, paling sedikit 13 nomor dari 15 nomor soal yang diberikan. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini; peningkatan pengetahuan, keterampilan mitra serta peningkatan volume penjualan. Saran, optimalisasi peran BUMDES, untuk memasarkan produk pertanian dan turunannya.

Abstract: Nuabosi cassava derivative products; kripik, kremes and wingko have been promoted and marketed. The raw materials for these products are taken from the best local varieties of cassava, and are organic, but these products do not yet have brands, labels and packaging. The purpose of community service is to increase knowledge, skills and income in a sustainable manner. The number of PKK members who participated in this activity, 30 people. The methods used are counseling, FGD, training and mentoring. The activity begins with giving a pretest and ends with a posttest. In the pretest the number of correct questions is at most 6 out of 15 numbers given, in the posttest the number of correct questions is 15 numbers, at least 13 numbers out of the 15 numbered questions are given. The results achieved from this service activity; increased knowledge, skills of partners and increased sales volume. Suggestions, optimizing the role of BUMDES, to market agricultural products and their derivatives.


Keywords


Mentoring; FGD; Brand; Label; Packaging.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agreta, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Merk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv.Cahaya Prima Lestari. In Prosiding : Ekonomi dan Bisnis (Vo. 1 No.2). Komunitas Dosen Indonesi. https://jurnal. ubd.ac.id/ index.php/pros

Ahluwalia, L., Nani, D. A., & Sari, T. D. R. (2022). Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui pelatihan Merk Produk dan Penyusunan Laporan Keuangan di Pejon Panggungrejo, Kabupaten Pringsewu. 3(1), 38–42.

Anggraeni, R. (2021). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77–83.

Anisa, R. (2017). Pengaruh Kemasan Produk dan Merk Teh Celup. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 78–88. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/267

Anwarudin, O., Satria, A., & Fatchiya, A. (2018). A Review on Farmer Regeneration and Its Determining Factors in Indonesia. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 10(2), 218–230.

Emilda, Try, W., & Lazuarni, S. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Jamu Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Kemasan Merk dan Label. Jurdimas Royal, 5(1), 53–60. https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurdimas

Halolo, J. D. (2014). Pengolahan Ubikayu Dalam Upaya Percepatan Pangan di Kalimantan Barat. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang Dan Umbi, 1. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/54034895/ SKRIPSI_MOCAF_2-with-cover-page-v2.pdf?

Hamidah, M., Yusra, A. H., & Sudrajat, J. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Kripik Ubi di Kota Pontianak. Jurnal Social Economic of Agriculture, 4, 60–73. https://media.neliti.com/media/publications/23067-ID-analisis-nilai-tambah-agroindustri-kripik-ubi-di-kota-pontianak.pdf

Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Hisani, W. (2020). Pkm Kelompok Petani Kelapa Bone-Bone Kabupaten. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 6–9. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2463-9010-1-PB (1).pdf

Kristiana, N. (2018). Aplikasi Gestalt pada Desain Label Kemasan Produk Aqua. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(01), 1–13. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i01.1595

Kurniawan, D. A., & Astuti, R. Y. (2018). Khadimul ummah. Khadimul Ummah: Journal of Social Dedication, 1(2), 93–101. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/ index.php/khadimulummah/article/view/2493/1512

Lanamana, W., Dominicus, L., Djou, G., Fowo, K. Y., & Pande, Y. (2021). Peningkatan kemampuan wirausaha dan pelatihan pengolahan ubikayu nuabosi bagi anggota pkk. 5(6), 4–12.

Lanamana, W., Pande, Y., GadiDjou, L. D., & Fowo, K. Y. (2020). Penguatan POACE Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Anggota Kelompok Tani dan Ternak di Desa Randotonda Propinsi NTT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4, 1217–1229. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/ article/view/3098

Lanamana, W., & Supardi, P. N. (2020). A Comparison of Economic Efficiency of Monoculture and Multiple Cropping Patterns: The Case of Cassava Farming in Ende, Indonesia. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture, 36(1), 69. https://doi.org/10.20961/carakatani.v36i1.41784

Marka, M. M., Azis, N., & Alifiana, M. A. (2018). Manajemen Usaha Dan Legalitas Usaha. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 22, 185–192.

Nugrahani. r. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan Umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/index

Nurwidiana, N., Fatmawati, W., & Masidah, E. (2019). Pendampingan Proses Produksi dan Kemasan Produk Industri Kecil Minuman Herbal. Community Empowerment, 4(2), 57–65. https://doi.org/10.31603/ce.v4i2.3067

Saleh, A., & Kunoli, F. J. (2019). Pengaruh Penyuluhan Dan Pelatihan Melalui Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Kader Phbs Di Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 159–164. https://doi.org/10.31934/promotif.v8i2.498

Sankaran, K., & Demangeot, C. (2017). Conceptualizing virtual communities as enablers of community-based entrepreneurship and resilience. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 11(1 pp), 1–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/JEC-02-2015-0017

Secundo, G., Vecchio, P. Del, Schiuma, G., & Passiante, G. (2017). Activating entrepreneurial learning processes for transforming university students’ idea into entrepreneurial practices. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 23(3 pp), 1–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.1108/IJEBR-12-2015-0315

Sulistyandari, Widiastuti, E., & Indriati, S. (2017). Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa” Di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1. https://doi.org/10.24269/adi.v1i2.597

Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76. http://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/ view/990




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Willybrordus Lanamana, Laurentius Dominicus Gadi Djou, Yohanes Pande, Kristono Yohanes Fowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: