PEMASARAN PRODUK UMKM BINAAN PADA PASAR KEUANGAN RAKYAT

Tine Badriatin, Lucky Radi Rinandiyana, Elis Listiana Mulyani

Abstract


Abstrak: Batik merupakan salah satu ciri khas daerah Tasikmalaya dimana batik sendiri sebagai warisan budaya Indonesia. Keanekaragaman motif batik dalam budaya Indonesia berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia yang tentunya tiap daerah mempunyai corak batik yang khas. Begitupula dengan batik Tasikmalaya yang memiliki ciri khas tersendiri, secara umum terdiri atas tiga karakter utama yaitu batik sukapura, sawoan dan tasikan. Namun demikian batik tasikmalaya masih kalah pamor dibandingkan dengan batik asal Solo dan Pekalongan. Kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu sarana pemasaran produk dan perluasan pasar domestik serta kesempatan mempromosikan karya-karya binaan UMKM khususnya batik di ajang pameran pada acara Pameran Pasar Keuangan Rakyat di Pangandaran

 

Abstract: Batik is one of the characteristics of the Tasikmalaya region where batik itself is a cultural heritage of Indonesia. The diversity of batik motifs in Indonesian culture comes from regions in Indonesia, which of course each region has a unique batik style. Likewise with Tasikmalaya batik which has its own characteristics, in general consists of three main characters namely sukapura batik, sawoan and tasikan. However, tasikmalaya batik is still less prestige compared to batik from Solo and Pekalongan. This activity aims as a means of product marketing and expansion of the domestic market as well as an opportunity to promote the works of SMEs, especially batik, at the exhibition at the People's Financial Market Exhibition in Pangandaran


Keywords


Pemasaran, UMKM

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. (edisi 2), Yogyakarta : Penerbit Liberty – Yogyakarta.

Evelina, Lidia. (2005). Event Organizer Pameran. Jakarta : PT. INDEKS.

Kamera Budaya. (2018). Batik Tasikmalaya – Sejarah, Filosofi, Makna, Ciri Khas, dan Perkembangannya. Tersedia pada : https://www.kamerabudaya.com/2018/06/batik-tasikmalaya-sejarah-filosofi-makna-ciri-khas-dan-perkembangannya.html

Kartawan. (2016). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah untuk kesejahteraan masyarakat. Tasikmalaya : LPPM Unsil Tasikmalaya.

Kartawan, Lucky Radi R, Dian Kurniawan. (2016). Pengembangan Usaha melalui Peningkatan Kemampuan Bersaing Produk UMKM dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No. 2, Lembaga Penelitian Universitas Gunadharma. Hal 104 – 110.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: