APLIKASI SISTEM INFORMASI DESA SEBAGAI TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PENDATAAN PENDUDUK DAN POTENSI DESA

Syaharuddin Syaharuddin, Malik Ibrahim

Abstract


Di Indonesia Sistem Informasi Desa (SID) diatur dalam Undang-undang terkait indikator, tata pengembangan, dan pengelolaannya agar input-output dari teknologi tepat guna ini benar-benar mendeskripsikan data dan informasi desa tersebut. Hal ini dikarenakan dana pembangunan desa akan terealisasikan dengan baik dan tepat sasaran. Dalam kegiatan ini tim melakukan survey ke beberapa lokasi di Lombok Tengah khususnya beberapa desa pemekaran yang memang membutuhkan tenaga ahli sebagai operator dan system informasi desa yang komunikatif dengan user sehingga memudahkan dalam penginputan data dan mengeksport data dalam sebuah laporan. Sistem dibangun berdasarkan garis besar peraturan pemerintah dan masukan atau saran dari pejabat setempat sehingga menghasilkan beberapa menu input-output meliputi Data Profil Desa, Data Kependudukan, Data Pendidikan, Data Potensi Wisata Desa, Data Administrasi termasuk surat masuk dan keluar, Data Inventaris Desa, dan Data Pendapatan dan Pengeluaran Desa. Aplikasi ini dibangun menggunakan Delphi sebagai Graphical User Interface, Microsoft Access sebagai Bank Data, dan Microsoft Excell sebagai export data atau pelaporan.

Keywords


SID; GUI; Ms Access

Full Text:

PDF

References


Almerich, G., dkk. 2016. ”Teachers Information and Communication Technology Competences: A Structural Approach”. Computer & Education. 100. h. 110-125, 2016.

DP2M Dikti. Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XI Tahun 2017. Jakarta, 2017.

LPM UM Mataram. Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat dan Prosedur Penulisan Proposal. Universitas Muhammadiyah Mataram, 2017.

Syafiul Muzid dan Noor Latifah, “Pengembangan Sistem Layanan Informasi Desa (Silisa) Terintegrasi Berbasis SMS Gateway”, Prosiding SNATIF, h. 407-412, 2017.

Suryati, Bambang Eka Purnama, “Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan”, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 2, No. 4, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JMM | Jurnal Masyarakat Mandiri | FKIP UM Mataram

p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758 | Contact: 087864003847

 

Flag Counter