PEMBERDAYAAN MOTIVASI SISWA SMP AL-INAYAH KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN MELALUI PELATIHAN ESQ (EMOTIONAL AND SPIRITUAL QUOTIENT)

Dwi Candra Setiawan, Primadya Anantyarta, Nila Kartika Sari

Abstract


Abstrak: Kemampuan peserta didik tidak hanya dapat diberdayakan melalui proses belajar saja. Pelatihan Motivasi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh oleh pendidik untuk mampu memberdayakan kemampuan yang dimiliki peserta didiknya. Adanya peningkatan motivasi yang dimiliki oleh peserta didik secara tidak langsung dapat mempengaruhi proses belajar, sehingga kemampuan peserta didik juga akan berkembang. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Siswa SMP Al-Inayah Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Target khusus pada program pelatihan motivasi dan ESQ ini adalah siswa dapat lulus Ujian Nasional seiring dengan meningkatnya motivasi belajar siswa. Kegiatan dalam program ini meliputi: persiapan dengan mengadakan observasi lokasi, wawancara dengan Kepala Sekolah dan siswa, pengajuan ijin pelaksanaan pelatihan, persiapan sarana dan prasarana pelatihan, pelaksanaan pelatihan, refleksi pelaksanaan pelatihan dan pembuatan laporan akhir pengabdian.

Abstract: The ability of students can not only be empowered through the learning process. Motivation Training is one way that educators can take to be able to empower the abilities of their students. An increase in motivation possessed by students can indirectly affect the learning process, so the ability of students will also develop. This community service aims to increase student motivation in Al-Inayah Junior High School Purwosari District, Pasuruan Regency. The specific target of the motivation and ESQ training program is students can pass the National Examination along with the increase in student motivation. Activities in this program include: preparation by conducting site observations, interviews with principals and students, submitting licenses for conducting training, preparing training facilities and infrastructure, conducting training, reflecting on the implementation of training and making a final report


Keywords


Pelatihan, Motivasi, ESQ.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., & Rahmawati, L. E. (2012). SNPT- and KKNI-Based Curriculum Organization. The Progressive & Fun Education Seminar, (20), 212–219.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

Kemenristekdikti, D. J. P. dan K. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. In Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2016). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10304

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Smp. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.2426/dpp.v3i2.

Suryanti. (2016). Pengaruh Variasi Model Pembelajaran Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Motivasi. Sang Pencerah, 2(2), 529–534.

Zainal Arifin, A. P. D. (2015). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membina Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Berkebutuhan Khusus. Nadwa, 9(1), 1. https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.1.508




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: