USAHA PENDIDIKAN DASAR COMPUTER “DIKSAR COMP” MAHASISWA DI FKIP MUHAMMADIYAH MATARAM

Nursina Sari, Nanang Rahman

Abstract


Pengabdian dalam bentuk kegiatan kewirausahaan merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kampus FIKIP Muhammadiyah Mataram dengan identitas Pendidikan Dasar Computer (DIKSAR COMP) yang bertujuan untuk menerapkan kompetensi berwirausaha dari mata kuliah kewirausahaan dapat diintegrasikan dalam unit usaha jasa percetakan di Prodi PGSD FKIP Muhammadiyah Mataram. Adapun metode pelaksanaan dari pengabdian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan meliputi penyeleksian calon pelaksana usaha, pelatihan melalui proses magang, promosi dan kegiatan usaha, monitoring dan evaluasi, serta partisipasi mitra usaha. Target dari program pengabdian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP Muhammadiyah Mataram yang sasaran pelanggan usahanya adalah seluruh mahasiswa baik kampus FIKIP maupun kampus fakultas lain di Universitas Muhammadiyah Mataram yang dilaksanakan selama dua bulan. Hasil dari pengabdian ini adalah terbentuknya usaha jasa percetakan Pendidikan Dasar Computer (DIKSAR COMP) meliputi jasa rental pengetikan sekaligus printing, penjilidan, penjualan peralatan ATK untuk kebutuhan perkuliahan sampai pada pengadaan mini kantin sangat dibutuhkan yang berjalan baik. Mahasiswa PGSD yang diberikan kesempatan dan fasilitas lebih termotivasi dan terdorong dalam mempraktekkan kompetensi berwirausaha untuk menjadi entrepreneurship berdasarkan keterampilan-keterampilan yang diperoleh dari pelatihan melalui proses magang oleh mitra usaha. Selain mendapatkan keuntungan, para mahasiswa juga dapat terpancing untuk mengkreasikan ide-ide brilian sebagai rencana usaha baru.

Keywords


Kewirausahaan; PGSD; Percetakan

Full Text:

PDF

References


Ayuningtias, H. A., dan Ekawati., “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Taruma- nagara”, Jurnal Ekonomi XX (01): 49-71, Maret 2015.

Jamal, M, A., Sekolah Entrepreneur; Mendesain, Menerapkan, dan Memproduk Insan-insan Edukatif Bermental Pencipta Kerja, bukan Pencari Lapangan Kerja, Yogyakarta, Harmoni, 2011.

Kasmir, Kewirausahaan, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa: 2007.

Napitupulu., “Kemampuan Berwirausaha Perlu Diciptakan” (Koran online), Jakarta, 2009, diakses dari situs http://nasional.kompas.com/

Yenni, Y,. dan Sarah ,M., “Strategi pemasaran Produk Digital Printing Pada CV.FNB Digital Jambi”, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Uiversitas Jambi, Vol 1 No.1, Maret, 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JMM | Jurnal Masyarakat Mandiri | FKIP UM Mataram

p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758 | Contact: 087864003847

 

Flag Counter

 

View Ulul Albab Stats