EMPOWERING THE BUNGA TERATAI MSMES THROUGH THE IMPLEMENTATION OF A DIGITAL BUSINESS MANAGEMENT SYSTEM TO ENHANCE THEIR POTENTIAL AND CAPABILITIES

Nurlina Nurlina, Asri Jaya, Wa Ode Rayyani, Evi Nurul Husna, Sri Wahyuni Pratiwi Yusran, Mutiara Mutiara, Muhammad Ihsanul, Dian Anggraini

Abstract


Abstrak: Adopsi teknologi digital semakin penting bagi pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM. Namun, banyak UMKM menghadapi tantangan dalam memanfaatkan alat dan sistem digital secara efektif untuk manajemen bisnis mereka. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam mengimplementasikan sistem manajemen bisnis berbasis digital. Kegiatan ini berfokus pada penguatan soft skill dan hard skill mitra UMKM. Mitra adalah kelompok Usaha Mikro ”Bunga Teratai” yang telah menjalankan bisnisnya lebih dari sepuluh tahun. Ada dua permasalahan mitra yang ditangani, yaitu penguatan dan peningkatan kemampuan SDM pelaku Usaha Mikro dalam memanfaatkan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital fokus pada penyusunan laporan keuangan dan strategi pemasaran berbasis digital. Pendekatan yang digunakan adalah pelatihan partisipatif dan pendampingan. Metode pelaksanaan dengan Adaptive Collaboration Management (ACM). Evaluasi keberhasilan kegiatan dilakukan melalui tiga tahapan, yakni evaluasi awal, evaluasi formatif dan evaluasi akhir. Indikator keberhasilan diukur dengan meningkatnya kemampuan SDM, implementasi sistem manajemen bisnis berbasis digital dan keberlanjutannya. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan mitra dalam mengimplementasikan sistem manajemen bisnis berbasis digital.

Abstract: The adoption of digital technology is increasingly important for the growth and sustainability of micro, small, and medium enterprises (MSMEs). However, many MSMEs face challenges in effectively utilizing digital tools and systems for their business management. This activity aims to enhance the capabilities of MSME actors in implementing digital-based business management systems. The focus of this activity is to strengthen the soft and hard skills of the MSME partners. The partner in this case is a group of micro enterprises called "Bunga Teratai" that has been operating for more than ten years. There are two issues addressed with the partners, namely the strengthening and improvement of human resources' abilities in utilizing digital technology. The utilization of digital technology focuses on the preparation of financial reports and digital marketing strategies. The approach used is participatory training and mentoring. The implementation method is through Adaptive Collaboration Management (ACM). The success of the activity is evaluated through three stages, namely the initial evaluation, formative evaluation, and final evaluation. The success indicators are measured by the improvement of human resources' abilities, the implementation of digital-based business management systems, and its sustainability. The result of this activity is the increased capabilities of the partners in implementing digital-based business management systems.

 


Keywords


Empawering; MSMEs; Digital Business; Management System.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ahmad, M. I. S., Nurjannah, Rijal, S., Tahir, T. M. I., & Hasan, M. (2021). Transformasi UMKM dari Bisnis Konvensional menjadi Bisnis Online Berbasis Digital di Masa Pandemi COVID-19. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, 1, issue?94–104.

Arijanto. (2021). Nandur Ngunduh : Dari Pemikiran ke Aksi Perubahan Tawaran untuk Organisasi Swadaya Masyarakat dan Sektor Publik. Peneleh.

Batubara, M. H., Nurmalina, N., Nasution, A. K. P., Agusmawati, A., & Maharani, A. (2021). Pelatihan Media Sosial Instagram Untuk Sarana Promosi Ekowisata. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1.253

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.392

Haanurat, A. I., Jaya, A., & Nurlina, N. (2022). Pemetaan Potensi Desa Melalui Business Model Canvas Untuk Pengelolaan Bumdes. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1570. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7455

Hendratmoko. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM di Indonesia. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 2,issue? 50–65.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Rayendra, A., & Nusantara, A. M. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk Umkm. Administrasi Dan Kesekretarisan, 4,issue? 50–61.

Pinem, D. (2021). Digitalisasi Manajemen Pada Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Depok Jawa Barat. Jurnal IKRAITH-Abdimas, 5(1), 172–183.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Ramida, R. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3(1), 310–326.

Rayyani, W. O., Arizah, A., & Abbas, A. (2018). Asistensi Pembinaan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM yang Terintegrasi. Proceeding of Community Development, 2,issue? 818–824.

Satvikadewi, A. A. . P., & Hamim. (2018). Strategi Komunikasi Untuk Mempromosikan Dan Meningkatkan Potensi Lokal Wisata Pulau Bawean. Jurnal Representamen, 79–91.

Singh, T., Kumar, R., & Kalia, P. (2021). E-marketing Practices of Micro-, Small- and Medium-sized Enterprises: Evidence from India. In Strategic Corporate Communication in the Digital Age (Issue August)vol? issue? halaman?. https://doi.org/10.1108/978-1-80071-264-520211012

Soleh, M., & Adinugraha, H. H. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Di Masa Pandemi COVID19 (Studi Pada Mebel Putra Jaya Desa Spait). Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 5(1), 2620–6099. http://repository.usu.ac.id

Sunarti, S., Puspita, R. H., & Ernawati, R. (2018). Pengembangan Pemasaran Usaha Kecil Kue Tradisional Rumahan Melalui Media E-Commerce. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(2), 85. https://doi.org/10.24903/jam.v2i2.377

Violinda, Q., Setyorini, N., Indriasari, I., & Setiawati, I. (2022). Pengelolaan Bisnis Berbasis Digital pada Usaha Mikro “Dapur Umma” di Era New Normal. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 186. https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2022.186-192

Wa Ode Rayyani, Muhammad Nur Abdi, endang W. & W. (2020). Peningkatan Daya Saing Umkm Melalui Optimalisasi. Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97–105. http://www.jurnalpertanianumpar.com/index.php/jdm/article/view/537

Widiastuti, T., & Mihardja, E. J. (2021). Berbasis Content Marketing Di Prumpung Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 6(November 2021), 65–78.

Zulfahri, A. F., Wibowo, D. A., Sirait, J. R., & Sholeha, E. W. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Penjualan Pada Umkm Di Desa Bumi Jaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 7(2), 53–64.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurlina, Asri Jaya, Wa Ode Rayyani, Evi Nurul Husna, Sri Wahyuni Pratiwi Yusran, Mutiara, Muhammad Ihsanul, Dian Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: