PERAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SMP

Hendra Kurniawan, Shofiyurrahman Shofiyurrahman, Raihan Hasbid, Assatulaini Assatulaini, Annisa Anggun P

Abstract


Abstrak: Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari program merdekan belajar – kampus merdeka (MBKM) yaitu kampus mengajar Angkatan 4. Kampus mengajar bertujuan untuk memberdayakan peran mahasiswa dalam membantu mitra sekolah dalam meningkatkan hardskill siswa/i melalui literasi dan numerasi serta membantu guru dalam adaptasi teknologi juga administrasi sekolah. Kampus mengajar Angkatan 4 ini dilaksanakan di sekolah mitra yaitu SMP Islam YPI 2 Metro, Kota Metro, Provinsi Lampung, yang terdiri dari 6 siswa/i. Kegiatan pengabdian lebih mengedepankan kepada memberikan pendampingan dan membantu peran guru di kelas dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa/i melalui kegiatan literini dan numerasi. Pengukuran hasil ketercapaian kegiatan diukur melalui 2 (dua) tahapan: (1) AKM Pre-Test; (2) AKM Post-Test. Berdasarkan hasil penilaian AKM didapatkan hasil peningkatan sebanyak 6%. Dimana nilai awal AKM Pre-Test sebesar 31% dan nila AKM Post-Test sebesar 37%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kampus mengajar ini berkontribusi penuh dalam peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa, khususnya siswa/i mitra sekolah SMP Islam YPI 2 Metro.

Abstract: This service activity is part of the independent learning program on the independent campus (MBKM), namely the Class 4 teaching campus. The teaching campus aims to empower the role of students in helping the role of schools, especially teachers, in increasing literacy and numeracy, as well as assisting teachers in adapting to technology as well as school administration. This Class 4 teaching campus was held at SMP Islam YPI 2, Metro City, Lampung Province. This service activity is divided into four stages, namely: (1) preparation; (2) implementation; (3) analysis results; and (4) student release. Measurement of activity achievement results is measured through two stages: (1) the AKM pre-test and (2) the AKM post-test. Based on the AKM assessment results, an increase of 6% was obtained. Where the initial AKM pre-test value is 31% and the AKM post-test value is 37%. So it can be concluded that this campus teaching activity fully contributes to improving students' literacy and numeracy skills, especially SMP Islam YPI 2 Metro.


Keywords


Literacy; Numeracy; Linum; Linum Increasing; Teaching Campus.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Berlian, D. A., Isra. (2022, November 18). UNESCO: Minat Baca Buku di Indonesia Urutan ke 60 dari 61 Negara. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1545379-unesco-minat-baca-buku-di-indonesia-urutan-ke-60-dari-61-negara

Daryanes, F., Agustina, A. N., Lestari, A. A., & Sayuti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Melalui Program Kampus Mengajar Bimbingan Intensif Literasi pada Siswa SD. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4544–4552. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17024

Daryanes, F., Suandy, A., Amelya, A., Ririen, D., & Sayuti, I. (2023). Program Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SD. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3407–3418. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15903

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemdikbudristek. (2022). Pemberitahuan Daftar Peserta Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemdikbudristek. (2024). Data Pokok SMP ISLAM YPI 2 METRO - Pauddikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/2467013C64C958C093CC#

Fiangga, S., Amin, S. M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, N. R. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18.

Fuaydah, M. (2023). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 Di SDN Tepos Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1052

Hariyanti, H., Permadi, G. C., Kartasasmita, S., Sari, F. A., Alrafni, A., & Suryanef, S. (2023). Kampus Mengajar Angkatan 4 dan Peningkatan Literasi Numerasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1482–1496. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13721

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Buku Saku Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 – Kampus Merdeka. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/21879218405273--Buku-Panduan-Kampus-Mengajar-Angkatan-6

KOMINFO, P. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. http:///content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Kurniawan, H., Purwati, N., & Karnila, S. (2023). Pelatihan Teknologi Informasi, Internet Sehat Dan Multimedia Bagi Siswa-Siswi SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 2022. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13902

Mendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Panjaitan, P., Simanjuntak, M., Silitonga, F. D., Napitupulu, L., Silitonga, N. M. S., & Syahfitri, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Ii Dalam Kegiatan Mengajar Siswa Kelas 1 Sd Di Sd Negeri 177041 Simarhompa Pada Tahun 2021. 5(3).

Rismauli, J., & Munthe, B. (2022). Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SD 014 Kampung Baru. 1.

Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, Lusia. K. D., & Prasasti, Pinkan. A. T. (2022). The impact of “Kampus Mengajar MBKM” on students’ social skills. https://www.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/1779/551

Widiyono, A., Irfanan, Saidatul, & Firdausia, Kholida. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 16, 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hendra Kurniawan*, Shofiyurrahman, Raihan Hasbid, Assatulaini, Annisa Anggun P

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: