IMPLEMENTASI WORKSHOP LITERASI DIGITAL DALAM MEMBANGUN KEBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT
Abstract
Abstrak: Indonesia merupakan salah satu Negara pengguna internet terbanyak di dunia. Lebih dari setengah pendudukan Indonesia telah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Namun permasalahan yang terjadi adalah masyarakat belum mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi dan media sosial dengan baik dan bijak. Terlebih dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat. Banyak masyarakat yang telah mengetahui canggihnya teknologi digital, akan tetapi belum menyadari bahwa internet juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Kegiatan workshop literasi digital bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan internet dan media sosial untuk berwirausaha sehingga mampu meningkatkan keberdayaan ekonomi. Metode pelaksanaan diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksan yang terdiri dari pemberian materi dan praktek, serta tahap evaluasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman peserta sebanyak 76% mengenai bisnis online¸ peserta termotivasi untuk berwirasusaha, serta peserta memiliki kemampuan untuk membuka toko online di beberapa media sosial dan market place.
Abstract: Indonesia is one of the most internet users in the world. More than half of the Indonesian occupation has used the internet in everyday life. But the problem that occurs is that the community has not been able to use and utilize technology and social media properly and wisely. Many people who already know the sophistication of digital technology, but have not yet realized that the internet can also be used to improve their welfare. Digital literacy workshop activities that aim to provide knowledge and skills in utilizing the internet and digital technology for entrepreneurship through online business to increase economic empowerment. The implementation method begins with the preparation phase, the implementation phase which consists of providing material and practice, as well as the evaluation and assistance phase. The results of this activity showed a 76% increase in participants' understanding of online business¸ participants were motivated to do business, and participants could open online shops on various social media and market places.
Keywords
Full Text:
Download [PDF]References
Andina, E. (2017). PentingnyaLiterasiBagiPeningkatanKualitasPemuda. Majalah Info SingkatKesejahteraanSosial, 9(21), 9–12.
Anggraini, O., & Supriyanto, S. (2019). Literasi Digital. Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019, 117–126.
Anwar. (2007). Manajemen pemberdayaan perempuan: perubahan sosial melalui pembelajaran vocational skills pada keluarga nelayan. Alfabeta.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet. (2019). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. In Apjii.
Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083
Buchori, A. (2018). Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Sosial. Omnicom Jurnal Ilmu Komunikasi Fikom Unsub, 4(1), 11–16. Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/531
Depdikbud. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. In Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Gilster, P., & Glister, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub. New York.
Kaplan, A. M. (2015). Social media, the digital revolution, and the business of media. International Journal on Media Management, 17(4), 197–199.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
Karwati, L. (2017). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan berbasis potensi alam setempat. Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1201.5
Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149–166.
Rufaidah, E. (2017). Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Unit Desa Berbasis Usaha Terbimbing. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 22(2), 361. https://doi.org/10.32332/akademika.v22i2.824
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Suryanti, S., & Wijayanti, L. (2019). Literasi Digital: Kompetensi Mendesak Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9.
Winarsih, E., & Furinawati, Y. (2018). Literasi Teknologi Dan Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berwirausaha Bagi Kelompok Pemuda Di Kota Madiun. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: