EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN DAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE MELALUI PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID-19

Doddy Irawan, Neni Triana, Linda Suwarni, Selviana Selviana

Abstract


Abstrak: Pandemi Covid-19 berdampak luas pada berbagai bidang, termasuk pada usaha kecil dan menengah. Poklahsar Perintis merupakan kelompok wanita yang bergerak dalam bidang pengolahan dan pemasaran hasil olahan ikan juga terkena dampaknya, selain permasalahan teknis dalam produksi. Solusi terhadap permasalahan yang ada adalah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melalui kegiatan edukasi tentang protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru pada tempat usaha di era pandemic Covid-19, sosialisasi tentang manajemen pengolahan dan strategi pemasaran produk serta pengemasan produk (packing product), dan pelatihan pemasaran secara online melalui media sosial. Hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mitra tentang protocol kesehatan di tempat usaha sebesar 100%, manajemen pengolahan dan strategi pemasaran sebesar 80%, dan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pemasaran online sebesar 70%. Kegiatan pengabdian ini juga memberikan hibah berupa alat yang membantu dalam proses pemotongan kerupuk, mesin spinner, bahan pengemasan produk yang menarik, dan mesin pelunak ikan serta sarana yang mendukung pelaksanaan protocol kesehatan di era pandemic Covid-19 (tempat cuci tangan, sabun cair, hand towel, handsanitizer, masker, dan faceshield). Dengan demikian, diharapkan kelompok dapat tetap menjalankan aktivitas produksi (produktif) dan tetap sehat di era pandemic Covid-19.

Abstract:  The Covid-19 pandemic has a wide impact on various fields, including small and medium-enterprises. Poklahsar Perintis is a group of women engaged in the processing and marketing of processed fish products also affected. Solutions to their problems are the Community Partnership Program (PKM) through education about adaptation of health protocols in business places in the Covid-19 pandemic, socialization of processing management and product marketing strategies as well as product packaging (packing products), and marketing training online through social media. The results of the devoted activities carried out showed an increase in partner knowledge about health protocols in the place of business by 100%, processing management and marketing strategies by 80%, and increased partner's knowledge and skills in online marketing by 70%. This dedication activity also provides grants in the form of tools that help in the process of cutting crackers, spinner machines, attractive product packaging materials, and fish softening machines as well as facilities that support the implementation of health protocols in the Covid-19 pandemic era (hand washing, liquid soap, hand towel, hand-sanitizer, mask, and face shield). Thus, it is expected that the the group can continue to carry out production activities (productive) and remain healthy in the pandemic era Covid-19

Keywords


health protocols; Marketing Strategy; Covid-19

Full Text:

Download [PDF]

References


BPS Kabupaten Mempawah. (2020). Kabupaten Mempawah Dalam Angka 2020. Mempawah, Kalimantan Barat: BPS Kabupaten Mempawah.

Committee on World Food Security High Level Panel . (2020). Impact of COVID-19 on Food Security and Nutrition (FSN). Rome.

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 197-204.

Hamdani, H., & Wulandari, K. (2016). Faktor Penyebab Kemiskinan Nelayan Tradisional. E-Sospol, 62-67.

Mooradian, T., Matzler, K., & Ring, L. (2012). Strategic Marketing. Pearson Education.

Naik, P., & Raman, K. (2003). Understanding the impact of synergy in multimedia communications. Journal Marketing Research, 375-388.

Peresadko, G., Pidlisna, O., Olefirenko, O., & Karpishchenko, O. (2014). Marketing Researches of Social Communication Forms in the Dinamics of Human Development. Economics and Sociology, 217-227.

Rohmah, S. (2020). Adakah Peluang Bisnis di Tengah Kelesuan Perekonomian Akibat Pandemi Corona? Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 205-211.

Rohman, Y., & Prananta, R. (2018). Sistem Pengelolaan dan Strategi Pemasaran Event Pariwisata di Nusa Dua. Journal of Tourism and Creativity, 47-68.

Schwarlz, & Grawboska. (2015). Online Marketing Strategies: The Future is Here. Journal of International Studies, 187-196.

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Surabaya: K-Media.

Sucahya, M. (2013). Teknologi Komunikasi dan Media. Jurnal Komunikasi, 6-21.

Sudrajat, J. (2013). Potensi dan Problematika Pembangunan Wilayah Pesisir di Kalimantan Barat. Jurnal Social Economic of Agriculture, 29-41.

Suwarni, L., Fachri, H., & Arfan, I. (2017). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembangunan Berbasis "SKP2" Terpadu dalam Mewujudkan "Blue Economy" Masyarakat Pesisir Pantai dan Kepulauan yang Tangguh dan Sejahtera (TARA). Buletin AL-RIBAATH, 17-25.

Suwarni, L., Selviana, Octrisyana, K., & Vidyastuti. (2020). Pendampingan dan Peningkatan Kapasitas Kader Relawan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Rasau Jaya Kalimantan Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 249-255.

Tapung, M., Regus, M., Payong , M., Rahmat, S., & Jelahu, F. (2020). Bantuan sosial dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat pesisir yang terdampak sosial-ekonomi selama patogenesis Covid-19 di Manggarai. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 12-26.

United Nations. (2020). Impact of Covid-19 on informal workers. Food and Agriculture Organization.

Wasak, M. (2012). Keadaan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan di Desa Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara,Sulawesi Utara . Pasific Juornal, 958-962.

Wibowo, D., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 59-66.

Yunita, E., Pargito, & Sinaga, R. (2018). Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Di Pantai Labuhan Jukung Krui Pasca Terbentuknya Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Studi Sosial, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Doddy Irawan, Neni Triana, Linda Suwarni, Selviana selviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Contact: +62-87864003847 | Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: