OPTIMALISASI KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA DI PAPUA MELALUI PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Raoda Ismail, Okky Riswandha Imawan

Abstract


Abstrak: Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kompetensi calon guru matematika di Papua dalam mengintegrasikan konsep matematika ke dalam video pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik di Papua sebagai media pembelajaran dalam jaringan maupun luar jaringan di Masa Pandemi Covid-19. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah mahasiswa calon guru yang berada di semester tujuh pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Cenderawasih.  Metode yang digunakan adalah Project-based Learning, yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu (1) merumuskan pertanyaan penting; (2) mendesain rencana proyek; (3) membuat jadwal; (4) memantau kemajuan proyek; (5) menilai produk; dan (6) mengevaluasi pengalaman. Hasil dari kegiatan ini adalah 89% calon guru matematika lebih percaya diri akan kompetensi yang harus mereka miliki sebagai calon guru. Hal ini mengindikasikan bahwa kompetensi calon guru matematika di Papua semakin optimal dengan menghasilkan video pembelajaran matematika. Video Pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik yang berada di Kota maupun Kabupaten Jayapura di Masa Pandemi Covid-19.

 

Abstract:  This activity aims to optimize the competence of prospective mathematics teachers in Papua in integrating mathematical concepts into instructional videos that can be used by students in Papua as learning media both online and outside the network during the Covid-19 Pandemic. The partners involved in this activity are student teacher candidates who are in the seventh semester of the Cenderawasih University Mathematics Education Study Program. The method used is project-based learning, which consists of several stages, namely (1) formulating important questions; (2) designing the project plan; (3) create a schedule; (4) monitoring project progress; (5) assessing products; and (6) evaluating experience. The result of this activity is that 89% of prospective mathematics teachers are more confident in the competencies they must have as prospective teachers. This indicates that the competence of prospective mathematics teachers in Papua is getting more optimal by producing mathematics learning videos. This Learning Video can be used as a learning medium by students in the City and Regency of Jayapura during the Covid-19 Pandemic.


Keywords


Competence of Prospective Teachers; Tutorial Video; The Covid-19 Pandemic.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1103http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1103

Baker, E., Tryyg, B., Otto, P., Tudor, M., & Ferguson, L. (2011). Project based Learning Model, Relevan Learning for The 21th Century. Pacific Education Institute. https://books.google.co.id/books/about/Project_Based_Learning_Model.html?id=WRSyoAEACAAJ&redir_esc=y

Bender, W. N. (2012). Project -based Learning: Differentiating Instruction for The 21st Century. A SAGE Publications Company. https://eric.ed.gov/?id=ED530398

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkkp/article/view/6451

Fabio, C. (2018). Kualitas Guru di Papua Masih Rendah. Kompas. https://kompas.id/baca/nusantara/2018/03/13/kualitas-guru-di-papua-masih-rendah/

Imawan, O. R. (2015). Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri. Pythagoras, 10(2), 179–188. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9156

Imawan, O. R., & Ismail, R. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran 4.0 Melalui Pelatihan Aplikasi Geogebra. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 4(6), 1231–1239. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3102

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras, 13(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/23595

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan Penguasaan TPACK Guru di Papua Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(1). https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3862

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2014). Project-Based Learning on Learning Mathematics. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education, 473–482. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24287

Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisa Dan Interpretasi Data Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 148–155. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1196

Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi di Kelas. Journal of Biology Education, 2(2), 162–171. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/6352

Muressan, M. (2014). Project-based Collaborative Learning for Adult Education. The 10th International Scientific Conference a Learning and Software for Education, 303–309. https://web.a.ebscohost.com/

Novaulli, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2524

Parinusa, V., Lumbantobing, H., & Ismail, R. (2017). Daya Serap Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 12–23. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/239/211

Supriadi, Bahri, S., & Waremra, R. (2018). Kemampuan Technological, Pedogogical, and Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika. JIP: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 1–9. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2632

Susilowati, I., Sutanto, A., & Daharti, R. (2013). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. Journal Of Economics and Policy, 6(1), 80–92. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jejak/article/view/3750

Suyamto, J., Masykuri, M., & Surwanto. (2020). Analisis Kemampuan TPACK ( Technological Pedagogical, And Content Knowledge) Guru Viologi SMA Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46–57. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/41381

Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 185–191. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8316


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raoda Ismail, Okky Riswandha Imawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: