BIMBINGAN KONSELING DAN INOVASI PRODUK KIPANG PULUT BONJOL

Nining Yus Mei, Rosi Yulita

Abstract


Abstrak: Usaha Mikro Kipang Pulut Bonjol membutuhkan dukungan dan bimbingan konseling untuk memajukan kembali usaha yang sempat down selama pandemi Covid 19. Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri pengusaha Kipang Pulut Bonjol setelah pandemic Covid 19. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan menggunakan metode SWOT. Beberapa masalah  produksi dan managemen juga menjadi kendala untuk diselesaikan yang mana di antaranya kemampuan memasarkan produk di era digital, kurangnya variasi rasa dari kipang pulut Bonjol. Untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut dilakukan pendampingan dan pelatihan secara bertahap yang meliputi aspek Bimbingan Konseling, pemasaran di bidang digital,  pengembangan produk rasa yang bervariasi. Dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini telah  meningkatnya  rasa percaya diri pemilik usaha, pemasaran yang semakin meningkat, dan inovasi produk berupa kipang pulut Bonjol yang beraneka rasa. Salah satu rasa varian yang baru adalah Kicok (kipang pulut dengan toping coklat). Diharapkan dengan adanya perbaikan dan inovasi ini berdampak pada peningkatan produksi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan usaha kipang pulut Bonjol.

 

Abstract:  Kipang Pulut Bonjol Micro Business requires counseling support and guidance to bring back a business that was down during the COVID-19 pandemic. The purpose of this service program is to increase the confidence of the Kipang Pulut Bonjol after the Covid 19 pandemic. The method used in this service program is the SWOT method. Several production and management problems have also become obstacles to resolve, including the ability of market digital products, the lack of variation in the taste of Kipang Pulut ita,. To overcome these problems, assistance and training are carried out in stages covering aspects of Counseling Guidance, digital marketing, development of various flavor products. From this mentoring and training activities, the business owner's self-confidence has increased, increased marketing, and product innovation in the form of various flavors of kipang pulut Bonjol. One of the new flavors of the variant is Kicok (kipang pulut with chocolate topping). It is hoped that these improvements and innovations will have an impact on increasing production which will lead to an increase in the welfare of the Kipang Pulut Ita Bonjol business.


Keywords


Kipang Pulut; Counseling Guidance; Food Product Innovation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aknolt Kristian Pakpahan. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 58–70.

Budastra, I. K. (2020). Socio-Economic Impacts of Covid-19 and Potential Programs for Mitigation : a Case Study in Lombok Barat District. Jurnal Agrimansion, 20(1), 48–57.

Haryadi, R. (2020). PENDAHULUAN Bimbingan dan Konseling merupakan suatu profesi yang masih terbilang baru . Tidak seperti di Amerika , profesi bimbingan dan konseling di Konselor sekolah profesional menurut Permendiknas nomor 27 Tahun 2008 , selain harus memiliki kualifikasi. 17(12).

Ihza, K. N. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1325–1330.

Kaplan, D. M., Tarvydas, V. M., & Gladding, S. T. (2014). 20/20: A vision for the future of counseling: The new consensus definition of counseling. Journal of Counseling and Development, 92(3), 366–372. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.2014.00164.x

Konseling, J. B., & Subagyo, I. (2013). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54.

Nggini, Y. H. (2019). Analisis Swot (Strength, Weaknes, Opportunity, Threats) Terhadap Kebijakan Pengembangan Pariwisata Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 141. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1739

Ningsih, fitria rahayu. (2020). Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berhubungan dan membutuhkan bantuan orang lain. Dalam menjalin sebuah hubungan atau relationship, manusia harus mempunyai keberanian untuk mampu menyampaikan maksud dan tujuan yang diinginkannya . Manusia yang b. 198–214.

Prof. Dr. Syafaruddin, M. P., Ahmad Syukri Sitorus, M. P., & Ahmad Syarqawi, M. P. (2017). Bimbingan dan Konseling Dalam Perspektif Al Quran dan Sains. In Bimbingan Dan Konseling Perspektif Al Quran Dan Sains. http://repository.uinsu.ac.id/3344/1/BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF ALQURAN DAN SAINS.pdf

Salamah, L. (2017). Analisa Strengths, Weaknesses, Opprotunities, and Threats (SWOT): Peluang dan tantangan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dalam mewujudkan integrasi Asia Tenggara. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 30(3), 300. https://doi.org/10.20473/mkp.v30i32017.300-310

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Sedyowidodo, U., Ariani, V., & Arswendi, R. (2020). DESA WISATA MELALUI TRAINING OF TRAINERS OLEH untuk kedua kalinya menggandeng Kemendes PDTT dan 109 Perguruan Tinggi dalam program Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Berbasis Pendampingan . Program ini dimaksudkan untuk memberikan pendamping Training of . 4(6), 5–11.

Yuniarti, E., & Herudiansyah, G. (2020). Inovasi produk rengginang desa budi mulyo banyuasin sumatera selatan. 4(6), 7–12.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nining Yus Mei, Rosi Yulita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: