PELATIHAN DESAIN MOCKUP DAN LOGO SEBAGAI BRANDING PRODUK UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL BAGI UMKM
Abstract
Abstrak: Produk UMKM hingga saat ini terus mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan trend permintaan pasar. Dilihat pada data Bantuan Pemerintah Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) hingga saat ini ada sekira 53.778 unit usaha. Sebagai upaya dalam mengimbangi persaingan pasar, pelaku UMKM harus terus melakukan inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan kualitas produk nya, salah satunya melalui branding produk berupa desain mockup dan logo. Tujuan pelatihan ini agar pelaku UMKM mengerti tentang pentingnya membangun branding produk melalui desain mockup dan logo untuk memberikan identitas pada sebuah produk yang mampu mempengaruhi konsumen untuk memilih produknya dibandingkan produk pesaing lainnya. Metode pelaksanaan pelatihan dimulai dari tahap survei dan observasi kepada mitra, yakni pelaku UMKM di Purwokerto, kemudian penyusunan materi, pelaksanaan pelatihan melalui workshop dengan media zoom dan tahap terakhir evaluasi kegitan dengan melihat hasil karya desain mockup dan logo masing-masing pelaku UMKM setelah mengikuti workshop. Hasil dari pelatihan tersebut 30 peserta dapat mengoperasikan aplikasi Canva sebagai media pembuatan desain mockup dan logo.
Kata Kunci: Branding Produk; Desain Mockup; Logo; UMKM
Abstract: Until now, UMKM products continue to experience quite rapid development in line with market demand trends. Judging from the data on Government Assistance for Micro Business Actors (BPUM) to date there are approximately 53,778 business units. As an effort to balance market competition, UMKM actors must continue to innovate and be creative to improve the quality of their products, one of which is through product branding in the form of mockup and logo designs. The purpose of this training is for UMKM actors to understand the importance of building product branding through mockup and logo designs to give identity to a product that is able to influence consumers to choose their products compared to other competing products. The training implementation method starts from the survei and observation stage to partners, namely UMKM actors in Purwokerto, then preparing materials, conducting training through a workshop with zoom media and the final stage of evaluating activities by looking at the results of mockup designs and logos of each UMKM actor after attending the workshop. As a result of the training, 30 participants were able to operate the Canva application as a medium for making mockup and logo designs.
Keywords: Product Branding; Mockup Design; Logo; UMKM
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.
Arifitama, B. (2020). Pelatihan Pembuatan Model 3d Alat Peraga Edukasi Hidrologi Berbasis Augmented Reality Untuk Guru. Human Relations, 4(2), 110–117.
Desi In Diana Sari, N. (2013). Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi Produk. Profetik, 6(1), 43–52.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Pearson Prentice Hall. https://books.google.co.id/books/about/Marketing_Management.html?hl=id&id=QiTOHgAACAAJ
Kumalasari, H., Pratiwi, P., & Utami, B. S. (2020). Brand Identity Untuk Kampung Singkong Salatiga Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Merek. SEGARA WIDYA Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 1–9.
Kusumasari, A. D. (2017). Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian ( Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 49(2).
Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
Luzar, L. C. (2011). Hasil dan Pembahasan Terminologi Warna. Efek Wwarna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan, 2(9), 1084–1096.
Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351
Pleten, O. (2020). What Is a Mockup and Why Do We Need It. Keenethics.Com.
Pratama, B. C., Innayah, M. N., & Darmawan, A. (2021). Pendampingan Umkm Dan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Terdampak Pandemi Covid-19 Di Area Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dalam Menjalankan Contactless Business. 3(2), 6.
praxent.com. (2014). Infographic: Color Psychology Of Brands. Praxent.Com.
Saputri, D., Mulyatini, N., & Basari, A. (2020). Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness (Studi Pada Produk Motor Yamaha Di Pt. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). 2(417), 80–92.
Yusniarti, Y. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Jenis Gerak Makhluk Hidup. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(2), 155–162. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v2i2.299
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dani Arifudin, Linda Heryanti, Dian Pramesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: