PENINGKATAN KEMAMPUAN PROMOSI ONLINE MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING

Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra, A. A. Raka Jayaningsih, Putu Eny Suhardiyani

Abstract


Abstrak: Mitra pengabdian adalah Bapak A.A. Manik, seorang pengusaha yang menjual Lawar Bali. Berdasarkan hasil wawancara, promosi yang dilakukan mitra berupa promosi dari mulut ke mulut dan mengandalkan penjualan keliling. Kegiatan untuk PKM ini dimulai dari sosialisasi kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan digital marketing dan ditutup oleh evaluasi kegiatan. Sosialisasi dilakukan dengan membahas mengenai kegiatan apa yang akan dilakukan. Kegiatan kedua yaitu pelatihan Digital Marketing diberikan materi mengenai pengertian, manfaat dan keunggulan Digital Marketing dibandingkan cara konvensional, strategi meningkatkan pemasaran dengan Digital Marketing dan cara memulai Digital Marketing. Kegiatan terakhir yaitu evaluasi, dilakukan untuk mengetahui seberapa besar mitra merasa kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan promosi mereka kedepannya. Evaluasi dilakukan dengan memberikan penilaian meliputi pemahaman mengenai Digital Marketing, Platform untuk Digital Marketing dan Pemasaran dengan Digital Marketing. Berdasarkan hasil wawancara terhadap penguasaan materi Digital Marketing diketahui bahwa peserta sudah mencapai 90% penguasaan terhadap materi. Luaran yang dihasilkan dalam pengabdian ini adalah adanya peningkatan daya saing berupa peningkatan promosi.


Abstract: The service partner is Mr. A.A. Manik, a businessman who sells Balinese Lawar. Based on the results of interviews, promotions carried out by partners are in the form of word of mouth promotion and rely on mobile sales. Activities for this PKM started with socialization of activities followed by digital marketing training and closed by evaluation of activities. Socialization is done by discussing what activities will be carried out. The second activity, namely Digital Marketing training, was given material on the understanding, benefits and advantages of Digital Marketing compared to conventional methods, strategies to improve marketing with Digital Marketing and how to start Digital Marketing. The last activity, namely evaluation, was carried out to find out how much partners felt this activity was useful to improve their promotion in the future. The evaluation is carried out by providing an assessment including an understanding of Digital Marketing, Platforms for Digital Marketing and Marketing with Digital Marketing. Based on the results of interviews on the mastery of Digital Marketing material, it is known that the participants have achieved 90% mastery of the material. The output produced in this service is an increase in competitiveness in the form of increased promotions.


Keywords


Lawar; Digital Marketing; Promotion

Full Text:

PDF

References


Agustini, N. K. S., Putra, I. N. K., & Permana, D. G. M. (2020). Studi Cemaran Mikroba Pada Produk Pangan Tradisional “Lawar Putih Daging Babi” Di Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan (ITEPA), 9(1), 20. https://doi.org/10.24843/itepa.2020.v09.i01.p03

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing . International Journal of Management, 8(10), 321–339.

Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Strategi Promosi, 1(April), 1–10.

Istri, C., Marsiti, R., Suriani, N. M., & Sukerti, N. W. (2017). Teknologi Informasi Sebagai Upaya Pelestarian Seni. 517–521.

Jayaningsih, A. . R., & Anggreswari, N. P. Y. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Hidden Canyon Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 1. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1730

Patrutiu-Baltes, L. (2016). Inbound Marketing - the most important digital marketing strategy. Bulletin of the Transilvania University of Braşov, 9(Inbound Marketing-the most important digital marketing strategy), 61–68.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rapitasari, D. (2016). Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107–112. http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36

Sarjana, P. P., & Mada, U. G. (2009). Kajian Karakteristik. 1–10.

Suwiprabayanti Putra, I. A. G. (2019). Implementasi Resource Traffic Management System pada Sistem Operasi Android Dan iOS. Eksplora Informatika, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.164

Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Design of Digital Marketing Communication Strategy for the Hospitality Industry to Answer the Postmodern Era Challenges. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1), 51–64.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.

Yuni Asmidar, Zulkarnain, & Eka Danta Jaya Ginting. (2018). Pengaruh Komunikasi Dari Mulut Ke Mulut Dan Tipe Kepribadian Terhadap Intensi Perpindahan Merek Kosmetik. Psikologia: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 12(1), 30–42. https://doi.org/10.32734/psikologia.v12i1.2248

Yuni, N. K. S. E., Putu Eny Suhardiyani, & I Putu Widyarsana. (2020). Analisis Perbandingan Anggaran Biaya Pekerjaan Beton Existing K250 Dan Alternatif K300 Berdasarkan Rekayasa Nilai. PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 9(1), 61–72. https://doi.org/10.22225/pd.9.1.1674.61-72




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra, A. A. Raka Jayaningsih, Putu Eny Suhardiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: