PENINGKATAN KETRAMPILAN PENDIDIK DALAM PENYUSUNAN MODUL ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Moh. Mahfud Effendi, Reni Dwi Susanti

Abstract


Abstrak: Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan pendidik dalam penyusunan modul elektronik dengan pendekatan open ended. Kegiatan ini dilakukan di SMA N 2 kota Batu yang terdiri dari 7 subjek. Permasalahan ini diperoleh dengan adanya kegiatan Forume Group Discussion yang mana dalam pelaksanaannya tersebut disampaikan perlunya pelatihan penyusunan modul elektronik guna menunjang pelaksanaan pembelajaran blended learning. Metode yang digunakan yaitu melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Dimana kegiatan pelatihan diisi oleh ahli penyusunan bahan ajar dan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan penyusunan bahan ajar elektronik setelah kegiatan pelatihan tersebut serta kegiatan evaluasi program yang diberikan melalui google form. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan berjalan dengan baik dan mendapat antusias dari subjek. Selain itu juga terlihat dari hasil evaluasi melalui google form yang mendapatkan rata-rata 82,33 % dan persentase tertingga adalah pada penjelasan materi yaitu 86%. Pelatihan dan pendampingan penyusunan e-modul ini dianggap penting karena dapat membantu pendidik dalam mempersiapkan bahan ajar guna menunjang kegiatan pembelajaran sehingga semua peserta didik dapat mendapatkannya

Abstract: The goal of this service activity is to help educators enhance their skills in creating electronic modules using an open-ended approach. This exercise was place in SMA Negeri 2 Batu City and involved seven subjects. This issue was discovered through the Forume Group Discussion activity, in which it was communicated that training in the development of electronic modules was required to enable the deployment of blended learning. Training and mentoring activities are employed as the method. Where professionals in the development of teaching materials fill the training activities, which are followed by mentoring activities in the preparation of electronic teaching materials after the training activities and program assessment activities provided through a google form. The outcomes of the training and mentoring activities revealed that the training and mentoring went well and that the subjects were enthusiastic about it. Furthermore, it can be observed from the results of the evaluation through the google form, which received an average of 82.33 percent, with the highest percentage (86 percent) in the material explanation. This training and assistance in the creation of e-modules is significant because it can help instructors create teaching resources to support learning activities that are accessible to all students.


Keywords


Skills; Electronic module; Open-Ended Approach

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(3):282–89.

Damayanti, Herwinanda Trisnaning, and Sumardi. 2018. “Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem.” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 3(1):36.

Fahrurrozi, Muh., and Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. edited by M. H. Dr. H. Khirjan Nahdi. Lombok, NTB: Universitas Hamzanwadi Press.

Handayani, Meni, Siswantari, Rahmah Astuti, and Erni Hariyanti. 2020. Sekolah Aman (Mendukung Kualitas Pembelajaran Melalui Sekolah Aman Dan Menyenangkan). Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Herawati, Nita Sunarya, and Ali Muhtadi. 2018. “Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5(2):180–91.

Masta, Ngia, Septina Severina Lumbantobing, Taat Guswantoro, Faradiba, and Nya Daniaty Malau. 2020. “Mempersiapkan Blended Learning Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul Untuk Guru Madrasah Tsanawiyah YAPPI Mulusan.” JURNAL Comunita Servizio 2(1):265–81.

Muhadi. 2004. “Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia.” Ejournal Unisba XX(4):15.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Misykat 03(01):171.

Retno Marsitin, Nyamik Rahayu Sesanti, Rini Agustina. 2018. “Pelatihan It Melalui Pembuatan E-Modul Matematika.” Jurnal ABDIMAS Unmer Malang 3:1–6.

Sari, Nurlaela. 2013. “The Importance of Teaching Moral Values to The Students.” Journal of English and Education 1(1):154–62.

Soenaryo, Siti Fatimah, Reni Dwi Susanti, and Betiistanti Suwandayani. 2020. “Built of Student Character Values Using the STAD Learning Model.” IOSR Journal of Humanities And Social Science 25(10):1–7.

Susanto, Susanto, M. Fajru Sidqi, and Dwi Ario Fajar. 2021. “Pelatihan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Untuk Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Abmas Negeri 2(1):9–16.

Sutikno, Agus. 2018. “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri.” Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY (1):45–57.

Suwartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Jurnal Pendidikan 4(1):220–34.

Yuberti. 2014. Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh. Mahfud Effendi, Reni Dwi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: