PENINGKATAN LITERASI BAGI SISWA SMA MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN LITERATURE REVIEW

Maharani Pertiwi K, Isdiantoni Isdiantoni, Alvian Viki Dwi Wijayanto, Endry Nugroho Prasetyo

Abstract


Abstrak: Literature Review merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah. Ketrampilan menyusun karya tulis ilmiah merupakan kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum bahasa Indonesia di jenjang SMA. Berdasarkan hasil wawancara mitra di SMAS Sayyid Yusuf, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, kegiatan penyusunan karya tulis ilmiah belum menjadi kegiatan rutin. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan ketrampilan siswa dalam literasi dengan menyusun karya tulis ilmiah. Pembuatan karya tulis ilmiah akan membantu siswa terbiasa untuk menyajikan gagasannya secara terstruktur dan sistematis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan Model Latihan Partisipatif (Participatory Training Model). Kegiatan pelatihan meliputi pre-test dan post-test untuk mengukur hasil pemahaman peserta, ceramah materi dan diskusi. Peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang siswa. Materi yang diberikan adalah penyusunan LR dan salah satu tema yang diangkat adalah mikroba patogen. Tema ini dipilih untuk menambah pengetahuan siswa mengenai mikroba patogen yang mengancam kesehatan manusia. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatkannya pengetahuan mengenai LR sebesar 27% dan motivasi siswa dalam penyusunan LR.

Abstract: Literature Review is one type of scientific writing. The skill of compiling scientific papers is a basic competency in the Indonesian language curriculum at the high school level. Based on the results of partner interviews at Sayyid Yusuf SMAS, Talango District, Sumenep Regency, the preparation of scientific papers has not become a routine activity. Therefore, this activity was designed with the aim to increasing students' motivation and literacy skills by compiling scientific papers. Write of scientific papers will help students get used to presenting their ideas in a structured and systematic way. Community service activities use the Participatory Training Model. The training activities were included pre-test and post-test to measuring the results of participants' understanding, lecture material and discussion. The participants of this activity were 20 students. The material given is the preparation of LR and one of the themes raised is pathogenic microbes. This theme was chosen to increase students' knowledge about pathogenic microbes that threaten human health. The results achieved in this activity weree increasing knowledge about LR by 27% and students' motivation in preparing LR.


Keywords


Literature Review; Scientific Paper; Pathogenic Microbes

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 2003–2006. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Bado, B., Hasbiah, S., Muhammad, H., & Alam, S. (2017). Model Kebijakan Belanja Pemerintah Sektor Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Ekonomi.

de Sousa, L. O. (2021). Learning experiences of a participatory approach to educating for sustainable development in a South African higher education institution yielding social learning indicators. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063210

Guntur, G. (2019). a Conceptual Framework for Qualitative Research: a Literature Studies. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 10(2), 91–106. https://doi.org/10.33153/capture.v10i2.2447

Helmericks, S. G., Nelsen, R. L., & Unnithan, N. P. (1991). The Researcher, the Topic, and the Literature: A Procedure for Systematizing Literature Searches. The Journal of Applied Behavioral Science, 27(3), 285–294. https://doi.org/10.1177/0021886391273004

Katamwatiningsih, S. S. (2020). Pengembangan Kurikulum Diklat Publikasi Ilmiah Sebagai Bentuk Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menulis Best Practice. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.37730/edutrained.v4i1.58

Koentjoro, M. P., & Prasetyo, E. N. (2019). Bioinformatics as a preliminary method for endopeptidase peptidogylcan procurement analysis of Mycobacterium tuberculosis. Seminar Nasional Teknologi Dan Sains, 41–49. https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/73/58

Madayani, N. S. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan KKarya Tulis Bagi Siswa Peserta EKstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di MAN 1 Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 48–56.

Mavropoulos, A., Pampouri, A., & Kiriatzakou, K. (2021). Adults ’ motives and barriers of participation in mixed and asynchronous learning training programs. 17(1), 29–38.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3. osf.io/efmc2

Mumpuni, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Potensi Peserta Didik Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Logika, 1000(1), 36–48.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 24. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4592

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah. September. https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y

Silaswati, D. (2018). Pentingnya Penentuan Topik dalam Penulisan Karya Ilmiah pada Bidang Ilmu Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1), 81–88.

Sugiarti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Jejaring Sosial Facebook. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(2), 87–101. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i2.3485




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maharani Pertiwi K, Isdiantoni, Alvian Viki Dwi Wijayanto, Endry Nugroho Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: