LITERASI JUALAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN HASIL KERAJINAN PADA KOMUNITAS INDUSTRI KREATIF CANGKANG KERANG DI KOTA PAREPARE

Andi Bahri S, Muzdalifah Muhammadun, Nurul Qisti Al Ihfa

Abstract


Abstrak: Penguatan industri kreatif dari pasar tradisional menuju pasar ekonomi global berbasis online pada komunitas perempuan Pengrajin Cangkang Kerang di Kota Parepare Sulawesi Selatan. Kegiatan Penelitian dan Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami wujud usaha serta permasalahan yang dihadapi di dalam pengembangan industri kreatif cangkang kerang yang dilakukan oleh komunitas para perempuan pengrajin di kecamatan Soreang di bawah koordinasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare, serta untuk mendampingi komunitas tersebut dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka dalam bidang produksi dan pemasaran industri kreatif secara online. Pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Tahapan pelaksanaannya dilakukan dengan cara sosialisasi dan workshop tentang tips dan trik dalam menjual produk kerajinan secara online dan langkah kerja e-commerce dengan menghadirkan peserta sebanyak 20 orang. Pelaksanaan program pendampingan ini mampu meningkatkan pemahaman anggota komunitas mitra pemberdayaan terkait pentingnya pemasaran/penjualan secara online, dan telah mendorong mitra pengabdian menggunakan aplikasi jual-beli online. Selain dua hal tersebut, kegiatan ini juga telah meningkatkan literasi komunitas mitra terkait legalitas hukum dan regulasi peraturan yang harus diperhatikan dalam melakukan transaksi jual-beli secara online. Dari pengabdian ini direkomendasikan adanya kerjasama dalam bentuk surat perjanjian bersama demi terjalinnya kemitraan dalam bentuk pengabdian yang berkelanjutan.

Abstract: Strengthening the creative industries from traditional-local markets to online-based global economic markets for the women's community of Shellfish Artisans in Parepare, South Sulawesi. This Research and Community Engagement Service aims to find out and to explore the business type and problems faced in developing the shell creative industry carried out by the Women Artisan Community in Soreang sub-district, coordinated and supported by the Region for Nationality Craft Council of Parepare, as well as to assist the Community Engagement in increasing their knowledge and understanding in online Producing and marketing literacy for the creative industry products. This dedication applied the Participatory Action Research (PAR) approach. The service implemented by socialization and workshops on tips and tricks in online selling craft products and e-commerce work steps by presenting twenty participants. The implementation of this community engagement program has increased the participants` understanding and their empowerment partnership related to the importance of online sales as well as marketing, and it has also encouraged the partners using online buying and selling applications. In addition to these two things, this activity has also improved the literacy of partner communities related to legality and regulations that have to be considered in conducting online buying and selling transactions. From this dedication, it would recommend a cooperation in the form of mutual agreement for establishing the sustainable engagement partnership.


Keywords


Artisan Women; Shellfish Artisans; Creative Industry; PAR; E-commerce

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abubakar, S., Kadir, M. A., Serosero, R. H., Subur, R., Widiyanti, S. E., Susanto, A. N., & Rina, R. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Untuk Produk Kerajinan Tangan Masyarakat Pesisir. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4).

Achoke, F. P. (2021). E-commerce and Sustainable Competitive Advantage of Savings and Credit Cooperative Societies in Nairobi City County. University of Nairobi.

Al Islamiyah, S., Azis, R., & Engelen, A. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Menjadi Cinderamata. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(1), 41–43.

Chu, G. M., Nguyen, N. T. T., & Khuong, M. H. (n.d.). What digital content marketing works for e-commerce platforms? An analysis of customers’ passive use in enhancing purchase intention. In Proceedings of the 2nd International Conference on Humancentered Artificial Intelligence (Computing4Human 2021). CEUR Workshop Proceedings, Da Nang, Vietnam (Oct 2021).

Fatoni, R., & Fatimah, S. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Sabun Cair; Sebuah Upaya Pemberdayaan Anggota Aisyiah Di Wilayah Solo Raya. URECOL, 149–152.

Ghofur, A., Edy, I. T., Rohman, R., & Athobari, M. F. (2020). Pengembangan UMKM Songkok Melalui Model E-Business Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Industri Kreatif Masyarakat Di Kelurahan Banjarmendalan Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 720–726.

Ghosal, I., Prasad, B., Behera, M. P., & Kumar, A. (2021). Depicting the Prototype Change in Rural Consumer Behaviour: An Empirical Survey on Online Purchase Intention. Paradigm, 25(2), 161–180.

Harjawati, T. (2018). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Lembaga Pembiayaan Di Sentra Industri Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Industri Kuliner Kota Tangerang Selatan). SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1), 64–77.

Ihfa, N. Q. Al. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif melalui Komunitas Kerajinan Cangkang Kerang di Soreang (Analisis Ekonomi Syariah). IAIN Parepare.

Ilhamuddin, H. M., Rusminah, R., Hilmiati, H., & Ahyar, M. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Sektor Kerajinan Perhiasan Mutiara Di Kota Mataram. Jmm Unram-Master of Management Journal, 7(1), 58–69.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.

Linda, R. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Daur Ulang Sampah Plastik (studi kasus bank sampah berlian kelurahan tangkerang labuai). Jurnal Al-Iqtishad, 12(1), 1–19.

Purnama, N. I., Putri, L. P., & Bahagia, R. (2021). Analisis E-commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(2), 194–200.

Putra, G. S. A., & Maulana, N. (2018). Strategi Meningkatkan Daya Saing Industri Kreatif Indonesia: Studi Kasus Pengembangan Klaster Industri Alas Kaki Kecamatan Tamansari, Bogor. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 97–109.

Sahhw, A. P. D. N. M. (2021). A reading of e-commerce and e-marketing and their impact on international trade. Tikrit Journal of Administration and Economics Sciences, 17(55 part 3).

Sari, H. F. (2017). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga dalam Perspektif Ekonomi Islamp (Studi pada Usaha Kecil Dodol Lele, di Desa Adiwarno Batanghari Lampung Timur). IAIN Metro.

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. Prosiding Ekonomi Kreatif Di Era Digital, 1(1).

Supriadi, N. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan desain kerajinan kulit kerang untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 41–50.

Surani, D., Andini, M., & Mahdy, N. (2020). Pelatihan Macrame Untuk Meningkatkan Keterampilan Ibu-Ibu Rumah Tangga Produktif Di Lingkungan Kelurahan Dalung. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 143–152.

Swantz, M. L. (2008). Participatory action research as practice. The Sage Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice, 31–48.

Tabassum, T., Haque, N., Mustary, T., & Habib, M. M. (2021). Investigation on the Effects of COVID-19 on Consumers’ Purchasing Behaviour. Journal Homepage: Www. Ijamac. Com, 1(1).

Whyte, W. F. (1989). Advancing scientific knowledge through participatory action research. In Sociological forum (Vol. 4, pp. 367–385). Springer.

Zhang, G, et.al. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, Vol. 15 No. 4.

Parepos. (2021), https://parepos.co.id/2021/04/capai-rp-4-m-program-bpum-gerakan-ekonomi-parepare/, diakses 2 November 2021.

BPIW. ( 2021), http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/n/kota-otonom/72.

Tempo. (2016), https://bisnis.tempo.co/read/750007/industri-kreatif-sumbang-rp-642-triliun-dari-total-pdb-ri/full&view=ok




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Bahri S, Muzdalifah Muhammadun, Nurul Qisti Al Ihfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: