PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KETERAMPILAN MERAJUT DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SERTA MARKETPLACE UNTUK PENJUALAN ONLINE

Rini Nurlistiani, Neni Purwati

Abstract


Abstrak: Selama pandemi COVID-19 banyak ibu rumah tangga yang tergerak ingin membantu perekonomian keluarga melalui usaha kreatif baik kuliner maupun kerajian yang dapat dijadikan sebagai peningkatan ekonomi keluarga. Melalui pengabdian kepada masyarakat, dosen IIB Darmajaya memberikan keterampilan seni merajut dan pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai sarana promosi untuk menjualkan suatu barang/jasa yang dilakukan oleh ibu rumah tangga Kampung Wonosari Kec. Sukabumi, Bandar Lampung yang berjumlah 20 orang. Metode dibagi dalam 3 bagian yaitu observasi/wawancara terkait keterampilan yang ingin dipelajari ibu-ibu rumah tangga, kedua pelatihan merajut dan pelatihan membuat sosial media, digital content dan marketplace. Ketiga monitoring & evaluasi hasil belajar rajutan dan penggunaan aplikasi untuk pemasaran. Hasil pengabdian menunjukkan 50% ibu rumah tangga berhasil membuat rajutan konektor masker, bros, dan dompet. Penggunaan sosial media dan marketplace cukup mudah dan bermanfaat bagi ibu rumah tangga dengan persentase sebesar 74,90% menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini sangat membantu dalam memasarkan produk/jasa secara online dengan mudah dan efisien.

Abstract: During COVID-19 many housewives want help their family economy through creative efforts of both culinary and craft that could be used as an improvement in the family economy. Through devotion to the community, lecturer of IIB Darmajaya provide knitting arts skills, knowledge how to utilize social media and also marketing for promotion goods/services carried out by housewives in Wonosari Village, Sukabumi, city Bandar Lampung amounted 20 housewives. The method is divided into 3 sections, first is observation/interview related skills that housewives want to learn, the second is knitting training and training for making a social media, digital content and marketplace. Third is monitoring & evaluation App and knit learning outcomes for marketing. In the results, 50% housewives are successful making a mask connector, broch and wallet. Social media and marketplace which used is quite easy and beneficial for housewives with a percentage of 74.90% can use App. This is very helpful in marketing products/services online easily and efficiently.


Keywords


Economic Improvement; Skill; Social Media; Marketplace; Online Sales.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdulrochim, D., Tresnawati, Y. S., & Iskandar, T. P. (2020). Pengembangan Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Rajutan Terdampak Covid 19 di Kampoeng Rajoet Kota Bandung. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 10(2).

Alkhowaiter, W. (2016). The power of Instagram in building small businesses. Conference on E-Business, e-Services and e-Society. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-45234-0_6

Aprilia, N. (2016). Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12619

Craft, F. (2019). Panduan Belajar Merajut Lengkap Untuk Pemula. 1–21. https://www.funcolorcraft.com/2016/07/panduan-lengkap-belajar-merajut-untuk.html

Gunawan, F. (2018). Religion Society dan Social Media. Deepublish.

Halimah, Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(2), 35–42.

Internet, T., & Academy, M. (n.d.). Developing an Internet Marketing The Internet Marketing Academy Developing an Internet Marketing Strategy.

Olaleye, S. A., Salo, J., Sanusi, I. T., & Okunoye, A. O. (2018). Retailing mobile app usefulness: Customer perception of performance, trust and tension free. International Journal of E-Services and Mobile Applications, 10(4), 1–17. https://doi.org/10.4018/IJESMA.2018100101

Putra, A. K., Nyoto, R. D., & Pratiwi, H. S. (2017). Penyedia Jasa Les Private di Kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 5(1), 22–26.

Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan E-Service Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shopee. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2, 6.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta.

Suhardiyah, M., & Menuk S, C. (2014). Peran Lingkungan Bisnis Dalam Keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Majalah Ekonomi, XVIII(2), 145–154.

Supangat, S. (2020). Technopreneurship Digital Content. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/6047

Susanti, S., & Rahmadaniah, R. (2019). Pelatihan Perempuan Desa Pada Kerajinan Crochet Di Hanura Kabupaten Pesawaran. Jurnal Publika Pengabdian …, 1(1), 37–47. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jppm/article/view/1496

Widodo, Y., & Oktaviani, I. (2018). Marketing Communication Strategy Using Instagram to Increase The Selling Achievement. 175(Icase), 65–67. https://doi.org/10.2991/icase-18.2018.17

Wiryawan, I. W. G., Putra, I. G. C., & Dewi, N. P. S. (2019). Pemberdayaan Pedagang Pasar Seni Guwang Yang Berwawasan Teknologi Informasi Dan Ramah Lingkungan. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 8(1).

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rini Nurlistiani, Neni Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: