PENGENALAN OPERASI TAMBAH KURANG MELALUI PERMAINAN CONGKLAK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Syaharuddin Syaharuddin, Dewi Pramita, Sirajuddin Sirajuddin

Abstract


Abstrak: Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan berhitung terkait operasi penjumlahan dan pengurangan siswa sekolah dasar melalui permainan congklak. Kami menggunakan lima sampai delapan lubang permainan untuk melihat kecepatan dan kecermatan siswa dalam menghitung jumlah batu yang akan dipindahkan ke setiap lubang. Setelah permainan berakhir, semua peserta harus menjumlahkan batu yang diperoleh sebagai skornya, kemudian dikurangi dengan skor antar peserta untuk menentukan siapa yang akan jadi pemenang. Berdasrkan hasil kegiatan ini terlihat antusias siswa selama bermain, serta kemampuan mereka meningkat untuk melakukan operasi hitung tambah dan kurang terhadap hasil yang mereka peroleh.

Kata Kunci: Tambah, Kurang, Permainan Congklak.

Abstract:  This activity aims to introduce and improve numeracy skills related to addition and reduction operations for elementary school students through Congklak games. We use five to eight game holes to see the speed and accuracy of students in calculating the number of stones that will be moved to each hole. After the game ends, all participants must add the stones obtained as the score, then reduce the scores between participants to determine who will be the winner. Based on the results of this activity, students were enthusiastic during the play, as well as their increased ability to carry out addition and reduction operations, the results they obtained.

Keywords: Addition, Reduction, Congklak games. 

Keywords


ambah, Kurang, Permainan Congklak.

Full Text:

PDF

References


Afifah Zafirah, Fardatil Aini Agusti, Engkizar Engkizar, Fuady Anwar, A. Fajri Alvi, Ernawati Ernawati. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Peserta Didik Melalui Permainan Congkak Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 95-104

Aisyah FAD. (2014). Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Penebar Swadaya Group

Andy Surya Putra, Sri Tiatri, Naomi Sutikno. (2017). Peningkatan Kapasitas Working Memory melalui Permainan Congklak pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(1), 18-27

Elissa, Rizki Aulia. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, Medan.

Heryanti, Vera and Wembrayarli, Wembrayarli and Hadiwinarto, Hadiwinarto. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisional (Congklak). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Hikmah Prisia Yudiwinata. (2014). Permainan Tradisional Dalam Budaya Dan Perkembangan Anak. Jurnal Paradigma, 3(2), 1-5

Okky Rachma Fajrin. (2016). Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gadget Dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 2(6), 7-15

Prima Nataliya. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358

Syarifah Nur Siregar, Titi Solfitri, Yenita Roza. (2014). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika dan IPA, 2(1), 119-128

Uswatun Hasanah. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717-733

Widyanti, Ratna. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Kelompok B di TK Kridawita Kecamatan Klaten Tengah Semester II TA 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Windy Lutfiana Tristy. (2015). Pengembangan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Skripsi: Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: