LITERASI DAN SOSIALISASI SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI EFEK HUKUM DAN EKONOMI BAGI PENJUAL DAN PEMBELI BARANG TIRUAN ATAU BARANG PALSU PADA UMKM DI KECAMATAN CINERE DEPOK, JAWA BARAT

Anastasia Bernadin Dwi Mardiatmi, Rianda Dirkareshza, Jenji Gunaedi Argo

Abstract


ABSTRAK

Maraknya perdagangan barang tiruan atau barang-barang palsu atau barang KW di Indonesia semakin menjadi, persoalanya peredaran barang palsu bukan hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi banyak juga di berbagai negara. Salah satu di alasannya karena minimnya pemahaman dan literasi konsumen dan penjual terkait apa itu produk tiruan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan literasi mengenai hukum menjual barang tiruan dan bagaimana meningkatkan kinerja manajemen melalui penerapan strategi pemasaran yang baik. Kegiatan ini disusun menggunakan metode edukasi, literasi dan pendampingan  kepada 30 pelaku UMKM di Kecamatan Cinere.  Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan pelaku UMKM sebesar 70% setelah mendapatkan literasi dan edukasi mengenai hukum dan strategi pemasaran.

 

Kata Kunci: usaha mikro, kecil dan menengah; efek hukum; keunggulan bersaing

 

ABSTRACT

The rise of trade in counterfeit goods or counterfeit goods or KW goods in Indonesia is increasingly becoming, the problem is that the circulation of counterfeit goods does not only occur in Indonesia, but also in many countries. One of the reasons is the lack of understanding and literacy of consumers and sellers regarding what counterfeit products are. Therefore, this service activity aims to provide education and literacy regarding the law of selling counterfeit goods and how to improve management performance through the application of good marketing strategies. This activity was arranged using education, literacy and mentoring methods for 30 MSME actors in Cinere District. The result of this community service activity is an increase in the knowledge of MSME actors by 70% after getting literacy and education about law and marketing strategies.

 

Keywords: micro; small and medium enterprises; legal effects; competitive advantage


Keywords


micro; small and medium enterprises; legal effects; competitive advantage

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2001). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Andriani, D. (2021). Ini Alasan UMKM Manfaatkan Marketplace Untuk Berjualan. Retrieved from https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210503/52/1389704/ini-alasan-umkm-manfaatkan-marketplace-untuk-berjualan

Benny, K. S. (2012). Asas Iktikad Baik Dalam Pendaftaran Merek (Studi Kasus: Merek “Natasha” Atas Nama Dr. Fredi Setyawan Melawan Merek “Natasha Skin Care” Atas Nama Then Gek Tjoe). Diponegoro University.

Bian, X., & Moutinho, L. (2009). An investigation of determinants of counterfeit purchase consideration. Journal of Business Research, 62(3), 368–378.

Boyd, Walker, & Larreche. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global (Ed 2). Jakarta: Erlangga.

Cravens, D., & Piercy, N. (2006). Marketing Strategic (Ed 9). Singapore: Mcgraw-Hill.

Ersya, M. P. (2017). Permasalahan Hukum dalam Menanggulangi Cyber Crime di Indonesia. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 50–62.

Fernandes, C. (2012). Analysis of Counterfeit Fashion Purchase Behaviour in UAE. Journal of Fashion Marketing and Management, 17(1), 1361–2026.

Harmoni, A., & Andriyani, A. (2011). Penilaian Konsumen terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 13(1).

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ed IV). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koran Sindo. (2021). Lawan Pereedaran Barang KW. https://ekbis.sindonews.com/read/585450/34/lawan-peredaran-barang-kw-1635696631/30

MIAP. (2021). Economic Impacts of Counterfeiting and Piracy in Indonesia.

Pangestuti, A. W., & Sukresna, I. M. (2018). Analisis Pengaruh Kesadaran Nilai, Pemenuhan Status Sosial, dan Materialisme Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Tiruan Merek Terkenal (Studi pada Konsumen Sepatu Tiruan Merek Terkenal di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11.

Permadi, A. A., & Syarifah, D. (2021). Sikap atas Produk Tiruan sebagai Mediator Kerentanan Konsumen terhadap Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan. Buletin Penelitian Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 892–902.

Porter, M. E. (2002). Strategi Bersaing Teknis Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.

Suryamurcito, G. (2021). Jangan Jual Beli Barag Palsu. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/opini/2021/09/21/jangan-jual-beli-barang-palsu




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: