Peningkatan budaya literasi melalui pelatihan publikasi karya ilmiah bagi guru SMK

Iskandar Thalib, Haryatie Haryatie, Nila Nirmalasari, Gusti Muhammad Perdana Putera, Iskandar Iskandar, Hapsari Lintang Sekartaji, Eko Suhartono

Abstract


Abstrak

Literasi merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap guru. Salah satu jenis literasi dasar yang sangat penting yaitu menulis. Berbagai kegiatan menulis dapat dilakukan oleh seorang guru dan diantaranya yakni menulis artikel ilmiah. Hal ini mendorong diadakannya suatu program pengabdian masyarakat melalui kegiatan pelatihan publikasi ilmiah untuk guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom, Banjarbaru. Kegiatan ini dilakukan dengan 3 tahap, antara lain persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pelaksanaan dilakukan selama 2 hari, yang terdiri dari pemberian materi edukasi dihari pertama dan pelatihan dihari kedua. Setelah dilakukan pelaksanaan, maka dilakukan evaluasi pada tiap peserta melalui pengerjaan post test dan penilaian dalam melakukan submit jurnal. Berdasarkan hasil evaluasi dari 30 peserta guru didapatkan peningkatan pengetahuan guru tentang publikasi ilmiah dan terdapat beberapa guru yang melakukan submit artikel ke dalam jurnal setelah kegiatan ini. Sebagai kesimpulan bahwa telah dilakukan program pengabdian masyarakat melalui kegiatan pelatihan publikasi ilmiah untuk guru SMK Telkom Banjarbaru dengan hasil peningkatan pengetahuan guru tentang publikasi ilmiah yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest masing-masing 45 dan 89. Selain itu, setelah pelatihan terdapat beberapa guru yang melakukan submit artikel ilmiah ke dalam jurnal. Kegiatan ini diharapkan dapat diadakan secara berkala, sehingga terdapat peningkatan budaya literasi pada setiap guru.  

 

Kata kunci: guru SMK; literasi; pelatihan; pengabdian; publikasi ilmiah.

 

Abstract

Literacy is one of the skills that every teacher must have. One type of basic literacy that is very important is writing. Various writing activities can be carried out by a teacher and among them is writing scientific articles. This encourages the holding of a community service program through scientific publication training activities for teachers of Telkom Vocational High School (SMK), Banjarbaru. This activity was carried out in 3 stages, including preparation, implementation, and evaluation. The implementation stage was carried out for 2 days, which consisted of providing educational material on the first day and training on the second day. After the implementation, an evaluation was carried out on each participant through post-testing and assessment in submitting journals. Based on the evaluation results, it was found that the knowledge of teachers about scientific publications increased and there were several teachers who submitted articles to journals after this activity. In conclusion, a community service program has been carried out through scientific publication training activities for teachers of SMK Telkom Banjarbaru with the results of increasing teacher knowledge about scientific publications and there are several teachers who submit scientific articles to journals. This activity is expected to be held regularly, so that there is an increase in the culture of literacy in each teacher. 

 

Keywords: literacy; training; service; scientific publication


Keywords


literacy; training; service; scientific publication

Full Text:

PDF

References


Budi, D., R., Melasarianti, L., Listiandi, A., D., Mariasari, S., & Widyaningsih, R. (2021). PELATIHAN PROSEDUR PUBLIKASI ARTIKEL HASIL PENELITIAN PADA JURNAL NASIONAL BAGI GURU SMKN 1 PURWOKERTO. Solidaritas: Jurnal Pengabdian 1(1):11–20. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931

Cendra, R., Gazali, N., Apriani, L., & Al Amin, A. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP NEGERI 4 TAPUNG HILIR. Community Education Engagement Journal 2(1):1–6. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i1.6175

Dirjen Vokasi. (2022). SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN VOKASI KEMENDIKBUDRISTEK NOMOR 12/D/)/2022 TENTANG PENETAPAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PELAKSANA PROGRAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PUSAT KEUNGGULAN TAHUN 2022.

Haekal, M., Fatimah, L., Yudoyono, G., Subagyo, B. A., Pramono, Y., H., Hapsari, Y., D., & Suyatno, S. (2022). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU DI SMA ABDUL WAHID HASYIM TEBUIRENG. Sewagati 6(1):46–50. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.136

Hasanah, F., N., Megawati, F., Shofiyah, N., Jannah, M., & Rindiani, R. (2020). PELATIHAN DARING PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SIDOARJO. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 5(2):515–21. https://doi.org/ 10.21067/jpm.v5i2.4414

Hayati, R., Zuraini, Z., Wahyuni, R., Nofriati, E., & Mailiyana, M. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM BIDANG PENELITIAN DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH DI SEKOLAH DASAR. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2):165–71. https://doi.org/10.51179/pkm.v6i2.1882

Isjoni, I., Bunari, B., & Yuliantoro, Y. (2021). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA JURNAL NASIONAL BAGI GURU SMA SEDERAJAT DI KABUPATEN ROKAN HILIR PROVINSI RIAU. Jurnal Pengabdian UNDIKMA 2(2):252. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4159

Kamarudin & Pahar, E. (2021). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU PROFESIONAL Jurnal Karya Abdi 5(1):71–78. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13807

Kantun, S., Sedyati, R., N., Sholekhah, I., Widayani, A., & Mulyaningsih, W. (2023). OPTIMALISASI KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU SMA/SMK. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7(1):113. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12920

Mahmudati, N., Waluyo, L., & Pantiwati, Y. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI ILMIAH UNTUK GURU ANGGOTA MGMP IPA KOTA MALANG. 4(2):241–48. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i2.662

Nahdi, D., S., Sudirno, D., Jatisunda, M., G., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2022). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERSTANDAR JURNAL ELEKTRONIK TERAKREDITASI BAGI GURU DI KABUPATEN MAJALENGKA. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas 6(2):627–33. https://doi.org/10.52250/p3m.v6i2.412

Prasetyono, H. & Asikin, I. (2022). WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SMK BINA NUSA MANDIRI. Publikasi Pengabdian Masyarakat Komputer Dan Teknologi (PUNDIMASKOT) 1(2):64–68

Suadiyatno, T., Sumarsono, D., Muliani, M., Arrafii, M., A., & Bagis, A., K. (2020). PELATIHAN STRATEGI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA JURNAL BEREPUTASI NASIONAL DAN INTERNASIONAL BAGI GURU DI SMKN 1 SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Pengabdian UNDIKMA 1(2):139. htpps://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.2936

Suhardi, M. & Gunawan, I., M., S. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK GURU DI INDONESIA. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):67–73. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.556

Suhartono, E., Aflanie, I., Muthmainah, N., & Kartika, S. (2022). PEMANFAATKAN INCENERATOR LIMBAH INFEKSIUS: UPAYA MENEKAN PENYEBARAN COVID-19 KLUSTER SEKOLAH. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) 2(2):254. https://doi.org/ 10.20527/ilung.v2i2.6103

Udil, P., A. (2021). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK PUBLIKASI PADA JURNAL IILMIAH. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat 2(1):21–27. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257

Zainil, M., Arwin, A., Sylvia, I., & Kenedi, A., K. (2022). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN. Majalah Ilmiah UPI YPTK 29(1):43–47. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.102




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22829

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: