Pelatihan digital marketing hasil pertanian untuk meningkatkan pendapatan usaha di desa Tapus

Lili Syafitri, Reny Aziatul Pebriani, Roswaty Roswaty

Abstract


 Abstrak

Desa Tapus sebagai komunitas pertanian, memiliki potensi besar dalam menghasilkan produk pertanian berkualitas tinggi. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah dalam memasarkan produk-produk mereka secara efektif dan mencapai pasar yang lebih luas masih sangat terbatas. Hal ini dikarenakan lemahnya distribusi sehingga sulit untuk petani menjual produknya, distribusi merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi petani di Desa Tapus. Terbatasnya distribusi sebagai wadah penjualan, berdampak pada masih rendahnya tingkat kesejahteraan petani. Alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani yaitu melalui pemasaran secara digital atau online. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dimulai dari tahap pertama yaitu persiapan, melakukan perizinan dan survei lapangan. Tahap kedua yaitu kegiatan pengabdian masyarakat melalui focus group discussion (FGD) dan sosialisasi konsep pemasaran online dengan metode seminar. Tahap ketiga yaitu evaluasi kegiatan melalui metode evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan petani terhadap pemasaran online. Petani pun turut berpartisipasi secara aktif dalam proses kegiatan diskusi.Top of Form

 

kata kunci: digital Marketing; Hasil Pertanian; Pendapatan; Usaha.

 

Abstract

Tapus Village, as an agricultural community, has great potential in producing high quality agricultural products. However, the main challenge faced is in marketing their products effectively and reaching a wider market which is still very limited. This is due to weak distribution making it difficult for farmers to sell their products. Distribution is one of the problems often faced by farmers in Tapus Village. Limited distribution as a sales platform has an impact on the low level of farmer welfare. An alternative that can be implemented to improve farmers' welfare is through digital or online marketing. The community service activities carried out start from the first stage, namely preparation, carrying out permits and field surveys. The second stage is community service activities through focus group discussions (FGD) and socialization of online marketing concepts using the seminar method. The third stage is the activity evaluation stage through the CIPP (Context, Input, Process and Product) evaluation method. The evaluation results show that there has been an increase in farmers' knowledge of online marketing. Farmers also participated actively in the discussion process.

 

Keywords: digital marketing; agricultural product; income; business.


Keywords


Digital Marketing; Agricultural product; Income; Business

Full Text:

PDF

References


Anggraini, N., Fatih, C., Zaini, M., Humaidi, E., Sutarni, & Analianasari. (2020). Digital Marketing Produk Pertanian di Desa Sukawaringin Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Nasional, 1(1), 36–45. https://jurnal.polinela.ac.id/JPN/article/view/1642

Ardiansyah, A., Dana Rira, A., Luthfiah, N., Lazuarni, S., Syafitri, L., & Studi Akuntansi, P. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Hasil Pertanian di Desa Tapus Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21404–21411.

Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi Digital Marketing dalam Perdagangan Hasil Tani untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70–75. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838

Meiriyanti, R., Sijabat, R., & Nastiti, P. R. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Percepatan Rintisan Taman Agrowisata Di Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 5. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.709

Nanda, S. (2021). Cara Menerapkan Digital Marketing untuk UMKM. In 21 April 2021 (p. 1). https://blog.skillacademy.com/cara-menerapkan-digital-marketing-untuk-umkm

Novia Nurfadilla. (2020). PEMANFAATAN_DIGITAL_MARKETING_BAGI_USAHA.

Novitasari, D. S., Marseto, & Nisa, F. L. (2023). Implementasi Digital Marketing Kepada Pelaku Umkm. 7(September), 1536–1543.

Pebriani, R. A., Hendarmin, R. M. R., & Romli, H. (n.d.). Peningkatan Pendapatan dengan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata di Desa Tanjung Baru. 295–304.

Pebriani, R. A., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mengatur Keuangan Keluarga Melalui Perencanaan Keuangan Untuk Ibu-Ibu Di Desa Karang Bindu Prabumulih. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 127. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4034

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. In Jurnal Common (Vol. 3, Issue 1, pp. 71–80). https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rusi, I., Yustosio, D., Angelia, F., Op, D., & Putri, A. (2024). Pemanfaatan barang bekas dalam menunjang keterampilan dan kreativitas siswa. 8, 84–92.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: