Pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi peserta didik di SMP Kristen Kalam Kudus Merauke
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi sosialisasi dan pelatihan penulisan KTI kepada peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di SMP Kristen Kalam Kudus Merauke dengan melibatkan 70 orang siswa dan didampingi oleh kepala sekolah serta beberapa orang guru. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu survey perizinan, pengenalan KTI, pelatihan penulisan KTI, dan bedah contoh KTI. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan minat peserta didik dalam menulis KTI. Hal ini terlihat dari antusisme peserta didik saat diskusi dan beberapa orang peserta didik yang sudah memiliki ide untuk KTI yang akan ditulisnya. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan penulisan KTI sangat penting dilakukan untuk memperkenalkan KTI dan meningkatkan minat peserta didik dalam menulis.
Kata kunci: pengabdian; pelatihan; karya tulis ilmiah.
Abstract
This community service activity aims to provide outreach and training on writing scientific papers to junior high school students. The training was conducted at SMP Kristen Kalam Kudus Merauke, involving 70 students, accompanied by the school principal and several teachers. The methods used in this training included lectures, discussions, and hands-on practice. The activity was carried out in several stages: permission survey, introduction to scientific writing, training on writing scientific papers, and a review of a sample scientific paper. The results of this activity showed an increase in the students' understanding and interest in writing scientific papers. This was evident from the students' enthusiasm during discussions, with some already having ideas for the scientific papers they wanted to write. Based on the results of this training, it can be concluded that training on writing scientific papers is very important to introduce students to scientific writing and to foster their interest in writing.
Keywords: devotion; training; scientific papers
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aina, M., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat2, 30(3), 29–32.
Ami, M. S., Satiti, W. S., & Sholihah, F. N. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Peserta Didik MAN 3 Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 111–115. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i3.2102
Annisa, M., Hamid, H., & Kartini. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 81–84. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.9054
As’ad, S. (2018). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pembentukan Istilah. Bumi Aksara.
Dewi, P. H. N., Sriasih, S. A. P., & Sudiana, I. N. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 273–283. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20621
Efendi, A., Rosiah, S., Nuraeni, A., & Noviansyah, W. (2021). Dasar-Dasar Menulis Karya Tulis Ilmiah. Depublish.
Emha, R. J., Maulinda, R., Mubarok, Z., & Djihadah, N. (2022). Pelatihan Daring Penulisan Karya Ilmiah Bagi Siswa Kelas XI SMK Nusantara 02 Kesehatan Tangerang Selatan. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 29–37.
Jumono, S., Handayani, S., & Mala, C. M. F. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat, 130–134.
Malik, N., Mudrifah, M., Pramuja, R. A., & Masudin, I. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Menulis Karya Tulis Ilmiah Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa Tingkat SMP/MTs/Sederajat DI MTs Muhammadiyah 1 Malang. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 87. https://doi.org/10.35906/resona.v5i1.683
Polonia, B. S. E., Ravi, A., & Jumiar, A. D. (2022). Bimbingan & Pelatihan KTI (Karya Tulis Ilmiah) Bagi Siswa-Siswi Smp Negeri Di Kabupaten Ketapang. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 586–590. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.345
Purnamasari, I., Hayati, M. N., & Yuniarti, D. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Siswa Tingkat SMA. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 248–252.
Rahmiati. (2015). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 4(2), 327–343. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_daulah/article/view/1513
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss3.1131
Setiaji, A. B. (2020). Bumi Aksara. Pustaka Aksara.
Widoyoko, S. E. putro. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalu Penelitian Tindakan Kelas, 3(September), 12–22. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru.pdf
Zunaidi, A. (2022). Diklat Makalah Sebagai Implementasi Potensi Kepenulisan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid19. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.151
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: